Banjar bershalawat yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan bersama habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf asal Solo, Jawa Tengah dihadiri ribuan jamaah yang khusu' mengikuti acara.
 
Keterangan tertulis Dinas Kominfo Banjar diterima di Martapura, Sabtu, kegiatan yang dipusatkan di Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Jumat malam dihadiri Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wabup Said Idrus.
 
"Kegiatan ini sebagai wujud syukur Pemkab Banjar atas hari jadi ke-73 Kabupaten Banjar dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang diperingati dalam satu acara," ujar bupati di sela kegiatan tersebut.
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur berharap, kegiatan keagamaan itu membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat dari Allah karena diisi shalawat Nabi besar Muhammad dan doa-doa mustajab lainnya.
 
Kedatangan Habib Syech didampingi Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyie beserta pimpinan pondok, tokoh ulama dan habaib, disambut gembira oleh ribuan jamaah.
 
Jamaah berdatangan dari berbagai pelosok di Kabupaten Banjar dan daerah lainnya sejak sore hari guna mendapatkan tempat yang lebih dekat dengan panggung memakai atribut yang disiapkan.
 
Acara diawali pembacaan beberapa syair diantaranya Ya Nabina, Yaman Yaro dan Hama Qolby oleh Guru Fahmi beserta rombongan yang berasal dari Ar-Raudhah Sekumpul Martapura.
 
Habib Syech memulai Banjar Bersalawat dengan syair Allahu Allah kemudian salawat nariyah, Ya Imamarrus, Busyrolana, khobbiri, Allah Allah Al Madad Ya Rasulullah, kisah sang rasul dan membuat Alun Alun Ratu Zalecha bergemuruh.
 
 
Sementara Habib Ahmad bin Abdullah Al-Habsyi dalam tausiah mengisahkan tentang kecintaan umat kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW salah satunya memperbanyak shalawat.
 
Banjar Bersalawat ditutup lagu kebangsaan Indonesia Raya diakhiri doa dipimpin Ketua MUI Banjar KH Muhammad Husin serta penyerahan hadiah umroh dari bupati kepada salah satu jamaah perempuan.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023