Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) mengoptimalkan peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) guna menciptakan keamanan selama Pemilu 2024.

"Bhabinkamtibmas menjadi gardan terdepan deteksi dini, maka perannya kita ke depankan agar lebih optimal," kata Wakil Direktur Binmas Polda Kalsel AKBP Rudi Hartono di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Ketua DPRD Banjarmasin: Jaga kedamaian Pemilu 2024

Menurut dia, selama tahapan pemilu hingga hari pencoblosan nanti dan usai pemungutan suara kamtibmas yang kondusif menjadi keharusan.

Oleh karena itu, personel Bhabinkamtibmas yang berada pada setiap desa dan kelurahan di seluruh pelosok negeri harus memastikan keamanan lingkungan pada warga binaan menyikapi dinamika politik.

Terkait pemilu, tambah Rudi, pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas juga harus memahami kerja penyelenggara pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu.

Baca juga: 15 Parpol di Tanbu siap ikuti kontestasi Pileg 2024

Sehingga sinergi dengan penyelenggara pemilu di tingkat paling bawah mesti dilakukan agar saling menguatkan demi terciptanya kelancaran pemilu yang aman dan kondusif.

Rudi menegaskan situasi yang kondusif di lingkungan paling kecil yang dikawal Bhabinkamtibmas akan berdampak pada keamanan suatu wilayah secara keseluruhan.

"Penting pula kami ingatkan ke anggota untuk tegak lurus menjaga netralitas karena ini sebuah integritas dalam tugas mengamankan pemilu," tegasnya.

Baca juga: KPU Banjarmasin persilakan masyarakat tanggapi DCS Pemilu 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023