Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Harry Wijaya mengingatkan seluruh elemen masyarakat menjaga kedamaian dan keamanan selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.
 
Sebagaimana diketahui, Harry di Banjarmasin, Senin, mengatakan Pemilu 2024 diawali dengan pemilihan anggota legislatif dari kabupaten/kota, provinsi hingga pusat dan anggota perwakilan daerah pusat serta pemilihan presiden dan wakil presiden pada 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU Banjarmasin persilakan masyarakat tanggapi DCS Pemilu 2024
 
Selanjutnya, kata Harry, Pemilu untuk pemilihan kepala daerah dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi pada 27 November 2024.
 
"Karena proses Pemilu 2024 itu saat ini sudah berjalan, mari sama-sama kita jaga kedamaian dan keamanan hingga terlaksana sukses sesuai jadwal," ujarnya.
 
Yang paling penting, ucap Harry, semua peserta Pemilu mentaati Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum 2024, sehingga semua bisa berjalan tertib, demokratis dan tanpa perpecahan atau permusuhan.
 
Sebagai wakil rakyat, Harry meminta penyelenggaraan Pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus profesional bertugas, berkeadilan dan transparan.
 
Demikian juga pemerintah kota, kata Harry, juga harus memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa terlaksana dengan dukungan anggaran sesuai yang sudah disetujui bersama DPRD Kota Banjarmasin.

Baca juga: Bawaslu Banjarmasin dukung Parpol galakkan pendidikan politik bagi kader
 
Diketahui, Pemkot Banjarmasin mengalokasikan APBD untuk penyelenggaraan Pemilu dengan total anggaran sebesar Rp90 miliar terdiri dari Rp66 miliar untuk KPU dan Rp14 miliar untuk Bawaslu.
 
"Ini sebagai bukti dukungan besar agar Pemilu 2024 ini berjalan demokratis," paparnya.
 
Harry mengharapkan juga pihak berwajib dari kepolisian maupun TNI memastikan keamanan dalam proses Pemilu 2024 ini.
 
"Warga Kota Banjarmasin juga semuanya harus ikut berpartisipasi, minimal nantinya datang ke tempat pemungutan suara," ujarnya.
 
Sebagaimana ditetapkan KPU, Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 di Kota Banjarmasin sebanyak 485.062 orang. Untuk tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 1.935 titik dan 5 TPS di lokasi khusus (Lapas Kelas 2A Banjarmasin).

Baca juga: Kapolda Kalsel pastikan kamtibmas kondusif jelang Pemilu 2024

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023