Sebanyak 15 partai politik di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menyatakan siap mengikuti kontestasi pemilihan anggota legislatif periode 2024-2029.

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu telah menetapkan 18 partai politik nasional sebagai peserta Pemilu 2024," kata Ketua KPU Tanah Bumbu Puryadi, di Batulicin Senin.

Baca juga: Bawaslu Banjarmasin dukung Parpol galakkan pendidikan politik bagi kader

Dia mengatakan, dari 18 partai nasional tersebut ada tiga partai yakni Partai Hanura, Partai Kebangkitan Nasional dan Partai Garuda tidak memiliki calon anggota legislatif. Sehingga hanya 15 Parpol yang ikut kontestasi Pileg. 

Diantaranya adalah PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nadem, Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, PKS, Partai Bulan Bintang, Pratai Demokrat, Partau Umat, PSI, Partai Perindo, PAN dan PPP.

Hingga saat ini, jumlah caleg yang sudah mendaftarkan diri ke KPU melalui partainya masing-masing mencapai 355 orang dan dinyatakan telah memenuhi syarat,

"Sedangkan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 50 empat dari empat daerah pemilihan yang ada di Tanah Bumbu," terang Puryadi.

Baca juga: Pemerhati Sospol sebut penentuan nomor urut caleg otoritas elit parpol

Pelaksanaan Pileg 2024 memasuki tahapan penyampaian klarifikasi oleh partai politik peserta pemilu pada KPU sejak 1-7 September 2023. 8-11 September memasuki tahapan pencermatan dan penetapan status calon pada DCS pasca hasil klarifikasi oleh partai politik peserta pemilu.

Pada 11-13 September pemberitahuan pergantian DCS anggota DPRD, 14-20 September pengajuan pergantian DCS DPRD pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS. 21-23 September verifikasi atas pengajuan pengganti DCS anggota DPRD.

"Saya berharap, pesta demokrasi di Tanah Bumbu dapat berjalan dengan lancar," harapnya.

Baca juga: Kapolda Kalsel pegang komitmen parpol hindari potensi gesekan

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023