Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mendukung partai politik menggalakkan pendidikan politik bagi kadernya jelang Pemilu 2024.
 
Menurut Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin M Fachrizanoor di Banjarmasin, Minggu, tugas Bawaslu pastinya sangat terbantu jika Parpol melakukan pendidikan politik secara berkala kepada para kadernya.
 
Dia pun memastikan Bawaslu bisa hadir jika diundang Parpol untuk menjadi pemateri dalam pendidikan politik tersebut.
 
Sebagaimana pada yang dilaksanakan DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Banjarmasin pada peringatan HUT ke-25 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Sabtu kemarin, dalam rangkaiannya menggelar pendidikan politik bagi kadernya.
 
"Kegiatan ini kita sambut sangat positif, karenanya kita hadir diundang sebagai pemateri," ujarnya.
 
Bawaslu menilai, kata Fachrizanoor, kegiatan Parpol ini berdampak sangat positif bagi kader Parpol yang nantinya melaksanakan kampanye di lapangan agar betul-betul mengetahui aturan main.
 
"Kami merasa terbantu dalam kegiatan pengawasan, kami sampaikan bagaimana aturan main Pemilu, aturan kampanye dan lainnya," ungkapnya.
 
Dia berharap, semua peserta Pemilu 2024 mentaati aturan, sehingga tidak ada terjadi permasalahan yang merugikan diri sendiri.
 
"Sebab sanksi pelanggar Pemilu bisa sampai pidana, hingga semua peserta harus taat aturan main," ujarnya.
 
Untuk maraknya baleho calon anggota legislatif saat ini, Fachrizanoor menyampaikan masih menunggu petunjuk teknis dari Bawaslu pusat.
 
"Karenanya kami belum melaksanakan tindakan untuk itu," ujarnya.
 
Sebagaimana diketahui, Pemilu 2024 diikuti sebanyak 18 partai politik di Kota Banjarmasin dengan jumlah daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) sebanyak 629 orang.
 
KPU Banjarmasin telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 di Kota Banjarmasin sebanyak 485.062 orang. 
 
Untuk tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 1.935 titik dan lima TPS di lokasi khusus (Lapas Kelas 2A Banjarmasin).
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023