Kepolisian Resor Tabalong, Kalimantan Selatan melakukan penanaman pohon di tiga kecamatan yakni Muara Uya, Haruai dan Upau dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian mengatakan kegiatan ini serentak dilakukan jajaran Polri di seluruh Indonesia dengan menanam 78 ribu pohon.

Baca juga: Polda Kalsel tanam 1.000 bibit pohon dukung program penghijauan

"Penanaman ini dilakukan agar lingkungan lebih hijau di tengah perubahan iklim saat ini dengan target 1.000 pohon," jelas Anib di Tabalong, Rabu.

Penanaman pohon oleh Kapolres Tabalong  di Desa Lumbang RT Kecamatan Muara Uya  didampingi pejabat utama Polres Tabalong serta jajaran  Polsek.

Sedangkan di tingkat nasional pada acara puncak ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 yang juga berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur  dihadiri Kapolri dan para Kepala Kepolisian Nasional  dari Negara - Asean, serta negara undangan seperti Cina dan Australia.

Baca juga: Pemkab HST kerja sama dengan KLHK tanam ratusan ribu pohon di desa

Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan oleh anggota Polri tapi bersinergi dengan unsur komponen masyarakat lainnya.

Dengan dilakukannya penanaman pohon atau penghijauan ini diharapkan dapat  melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri, sehat dan mengurangi pencemaran udara.

Melalui  penghijauan akan menurunkan suhu suatu tempat mengingat banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat lingkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.

Baca juga: Paman Birin dukung PT BIB gencarkan gerakan revolusi hijau di Kalsel

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023