Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melakukan penanaman sebanyak 1.000 bibit pohon guna mendukung program penghijauan sekaligus memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

"Alhamdulilah momen peringatan kemerdekaan tahun ini kita isi dengan kegiatan positif yaitu penanaman pohon untuk penghijauan," kata Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Arif Sugiarto di Banjarbaru, Jumat. 

Bertajuk "Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini", Arif memimpin penanaman bibit pohon di kawasan lahan kosong di gedung pelayanan Direktorat Lalu Lintas dan Mess Sabhara Polda Kalsel di Jalan Ahmad Yani Km 21, Banjarbaru.

Total ada tiga lokasi penanaman serentak dilakukan Polda Kalsel hari ini yang merupakan instruksi Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Dedi Prasetyo yang diikuti Karo SDM seluruh Indonesia, yakni dua lainnya di area sekitar Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Banjarbaru dan Kecamatan Aluh-Aluh di Kabupaten Banjar.

Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain trambesi, mahoni, bungur, meranti serta tanaman jenis bakau yaitu mangrove rambai di pesisir sungai Barito.
 
Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Arif Sugiarto memimpin penanaman pohon. (ANTARA/Firman)


Arif menyebut kegiatan tersebut diharapkan menjadi trigger atau pemicu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mencintai lingkungan. 

Apalagi di alam tropis seperti Kalimantan dan Indonesia pada umumnya, keberadaan pohon sangatlah vital mengatasi polusi yang banyak dihasilkan di jalan raya sekaligus memberikan suplai oksigen bagi manusia.

"Program penghijauan merupakan bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan dan Polri berkomitmen terhadap pelestarian alam demi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup," ucapnya. 

Diketahui pada 23 Agustus 2023 mendatang, direncanakan Polri menggelar penanaman pohon serentak seluruh Indonesia dengan target masing-masing Polres 1.000 bibit pohon.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023