Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi wilayah baru dari program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) yang merupakan kerjasama antara International Fund For Agricultural Development (IFAD) dengan Kementerian Pertanian.

Jajaran YESS Project Manager YESS Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersilaturahmi dengan Bupati HSS sekaligus menyerahkan surat No Objection letter terkait program YESS.

"Kami menyerahkan surat No Objection letter dari IFAD, bahwasanya Kabupaten HSS menjadi program wilayah baru dari YESS yang dilaksanakan oleh Kementrian Pertanian," kata Project Manajer YESS PPIU Kalsel, Angga Tri Aditia Permana, di Kandangan, Selasa.

Baca juga: 19 poktan di delapan kecamatan HSS terima bantuan alsintan

Dijelaskan dia, pihaknya akan memohon izin juga kepada Bupati HSS untuk dapat bersama-sama menyelenggarakan pertemuan multi stakeholder dengan OPD terkait untuk mendukung program YESS ini.

Dukungan tersebut penting karena akan menjadi program bersama serta dikawal bersama, dan untuk masyarakat HSS pada khususnya para adalah millenial agar dapat berusaha pada bidang pertanian.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten HSS menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, dan akan memberikan dukungan penuh," kata Bupati HSS H Achmad Fikry dalam silaturrahmi yang juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian(Distan) HSS Muhammmad Noor.

Baca juga: 19 poktan di HSS terima bantuan alsintan

Diketahui program YESS adalah proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda atau milineal di sektor pertanian, menjadi telah menjadi role model sektor pertanian di berbagai negara.

Program YESS dilaksanakan sebagai proyek percontohan pengembangan gererasi muda dan regenerasi petani di perdesaan, melalui penyediaan fasilitas dan bimbingan, agar menjadi menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Kegiatan Program YESS dilaksanakan di empat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan, termasuk yang akan diterapkan di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023