Sebanyak 19 kelompok tani (poktan) di delapan kecamatan di Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) cultivator, dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui Dinas Pertanian (Distan) setempat.

Bantuan alsintan cultivator diserahkan Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Kepala Distan Kabupaten HSS Muhammad Noor,
di halaman kantor Dinas Pertanian setempat.

"Bantuan alsintan kita berikan kepala poktan yang tersebar di delapan kecamatan, yakni di Kalumpang, Daha Barat, Simpur, Loksado, Padang Batung, Telaga Langsat, dan Angkinang," kata Kepala Distan HSS Muhammad Noor, di Kandangan, Kamis.

Baca juga: Pemkab HSS dorong petani kembangkan swadaya Padi Apung

Dijelaskan dia, bantuan diberikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) anggaran 2023, masing-masing poktan tadi mendapatkan satu unit alsintan cultivator.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengatakan bantuan alsintan cultivator untuk membantu masyarakat mengembangkan hasil pertanian hortikultura di sela tanaman padi.

“Apabila dulu dikerjakan dengan manual, sekarang bisa dilakukan petani kita dengan mesin,” ujarnya.

Menurut dia, hasil dialog dengan para poktan harga hortikultura cukup baik bagi petani, seperti untuk harga varietas cabe dan tomat.

Baca juga: Bupati HSS dan Gubernur Kalsel panen dan syukuran padi apung

Harga bagus bagi petani tersebut, tapi bisa dianggap kemahalan bagi pembeli. Namun biarlah sekali-sekali kemahalan, supaya petani ikut sejahtera sesuai dengan komitmen pemerintah.

“Sesuai dengan komitmen kita dari pemerintah daerah , jika petani kita sejahtera maka masyarakat HSS juga akan sejahtera,” ujarnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023