Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyerahkan sejumlah bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para perwakilan 19 kelompok tani (Poktan) di kantor Dinas Pertanian HSS.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, Rabu (14/9), mengatakan agar alsintan yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik, dan dapat meningkatkan hasil pertanian kelompok tani.

"Peralatan yang kita serahkan ini tergolong mahal, diharapkan dapat dikelola dan dirawat dengan baik agar pemanfaatannya bisa jangka panjang," katanya.

Baca juga: Distan HSS vaksinasi PMK hewan ternak tahap II

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga keberadaan sumber-sumber mata air yang berfungsi sebagai irigasi, jangan ada sampah yang bisa menyumbat air.

Kepala Dinas Pertanian, Muhammad Noor, mengatakan  jumlah bantuan alsintan yang dibagikan kali ini sebanyak 19 unit, berasal dari anggaran APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten 2022.

Dirincikan dia, alsintan terdiri atas enam unit power thresher untuk enam poktan, tiga unit power thresher multiguna untuk tiga poktan, empat unit corn sheller untuk empat poktan.

Baca juga: HSS luncurkan program Gali Rasni libatkan gapoktan

Selanjutnya, dua unit corn sheller mobile kepada dua poktan, dan empat unit combine harvester  kepada empat poktan.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan alsintan, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS, H. Muhammad Noor,  jajaran dinas setempat serta para anggota poktan penerima bantuan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022