Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar upacara penetapan waktu (taptu) dan pawai obor di Banjarmasin untuk mengobarkan semangat Kemerdekaan RI ke masyarakat terutama para generasi muda.

"Harapan kita generasi muda dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi di Banjarmasin, Rabu malam.

Baca juga: 120 TNI-Polri bentangkan Merah Putih sepanjang 250 meter di Pantai Batakan

Dengan semangat juang yang dipancarkan dalam upacara taptu, kata Andi, diharapkan Kalimantan Selatan dapat terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapolda Kalsel mengingatkan pula semangat kemerdekaan harus tetap hidup dalam diri setiap Warga Negara Indonesia.

Dia pun mengajak semua pihak untuk bersatu demi kemajuan dan kedamaian bangsa ini terkhusus daerah Kalimantan Selatan.

"Semangat nasionalisme dan persatuan harus terus dijunjung guna membangun negeri yang lebih maju dan sejahtera," tegas Andi.

Baca juga: Polda Kalsel terima 350 laporan dugaan pidana siber
Tradisi upacara Taptu dan pawai obor di halaman Mapolda Kalsel di Banjarmasin pada Rabu (16/8/2023) malam. (ANTARA/Firman)

Upacara taptu dan pawai obor merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan pada Detik-detik menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia sekaligus sebagai upaya mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Kapolda yang bertindak sebagai inspektur upacara menyalakan obor secara simbolis sebagai tanda pelepasan rombongan pawai obor yang terdiri dari personil TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan pelajar.

Para peserta bergerak dari Mapolda Kalsel menuju Jalan S Parman, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Siring Nol Kilometer Banjarmasin, Taman Edukasi dan kembali ke Mapolda Kalsel sambil membawa obor dengan penuh semangat.

Baca juga: Polresta Banjarmasin bagikan hadiah vaksinasi merdeka di Hari Kemerdekaan

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023