Sebanyak 70 alumni Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat kompetensi kerja konstruksi pada tahun 2023.
 
Poliban menggandeng Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin, Kalsel untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia puluhan alumninya tersebut pada 8 Agustus 2023 di kampus Poliban di Banjarmasin.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Jumat, menyatakan, puluhan alumni yang mengikuti kegiatan sertifikat kompetensi kerja konstruksi tersebut dari Program Vokasional Bidang Konstruksi di kampusnya.
 
Menurut Joni, sertifikasi ini bertujuan untuk lebih meningkatkan peluang karir mahasiswa Poliban yang sudah lulus.
 
"Di tahun 2030 kita sudah memasuki bonus demografi, jadi kita bayangkan nanti tingkat kesulitan dalam mencari pekerjaan dan dengan adanya sertifikasi kita lebih percaya diri, pastinya peluang karir juga lebih terbuka dan tingkat kesalahan dalam pekerjaan itu bisa kita minimalisir dengan adanya sertifikat kompetensi," katanya.
 
Joni berharap, mahasiswa alumni poliban yang mengikuti sertifikasi bisa mencapai target sesuai harapan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin.
 
Kasubag Umum dan TU Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin, Agung Darmawan menyampaikan, berdasarkan data peserta yang mengikuti sertifikasi kompetensi kerja konstruksi ini sebanyak 70 orang tersebut, yakni, sebanyak 15 orang jabatan kerja pelaksana lapangan.
 
Selanjutnya, sebanyak 28 orang jabatan kerja pekerjaan jalan madya dan sebanyak 27 orang jabatan kerja supervisor K3 konstruksi.
 
Diterangkan dia, tantangan utama di bidang infrastruktur adalah peningkatan daya saing, keunggulan yang kompetitif dan SDM sektor konstruksi.
 
Dikatakannya juga kunci menuju dunia kerja tidak hanya ijazah namun juga sertifikat kompetensi.
 
"Dengan sertifikat kompetensi ini akan membuka kesempatan untuk bekerja dan jaminan untuk bisa bekerja di dunia konstruksi, dan upaya ini juga merupakan amanat dari presiden dimana fokus pembangunan SDM," ujarnya.
Poliban dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin gelar sertifikat kompetensi kerja konstruksi pada 8 Agustus 2023. (ANTARA/HO-POLIBAN)
 
Baca juga:https://poliban.ac.id/bangun-sdm-yang-kompeten-di-bidang-konstruksi-poliban-gandeng-balai-jasa-konstruksi-wilayah-v-banjarmasin/
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023