Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII Tahun 2023 yang menjadikan Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku tuan rumah dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebagai co-host memperebutkan sebanyak 1.397 medali bagi para juara.

"Ada 204 nomor pertandingan dari 16 cabang olahraga," kata Ketua Pelaksana POMNAS XVIII 2023 Muhamad Rusmin Nuryadin saat grand launching POMNAS XVIII tahun 2023 di Auditorium ULM di Banjarbaru, Kamis.

Rusmin mengatakan kontingen dari 34 provinsi hadir dengan masing-masing jumlah atlet dan official sebanyak 362 orang.

Bahkan 24 provinsi di antaranya sudah memastikan mengikuti 16 cabor yang dipertandingkan.

"Ini artinya minimal 10 ribu orang akan datang ke Kalsel dan tentunya berdampak positif pada peningkatan sektor ekonomi masyarakat," ucapnya.

Kabar baiknya lagi, pada tanggal 15 November 2023 direncanakan Presiden Joko Widodo hadir langsung pada seremonial pembukaan POMNAS yang dijadwalkan berlangsung 10 hari dari 12 hingga 22 November mendatang.

"Tentu menjadi suatu kebanggaan bagi daerah dengan dukungan penuh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, kita bisa menjadi tuan rumah POMNAS setelah terakhir kali tahun 2007 lalu," ungkapnya.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri menyampaikan terpilihnya ULM sebagai penyelenggara dan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah POMNAS XVIII 2023 selain akan menjadi ajang silaturahmi dan kompetisi antar provinsi, juga membuka peluang bagi momentum kebangkitan pariwisata dan UMKM di Kalsel.

"Jadi kami mengharapkan dukungan semua sektor terutama objek pariwisata dan wisata belanja oleh-oleh agar bisa bersiap menyambut delegasi POMNAS seluruh Indonesia," ujarnya.
 
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyerahkan logo POMNAS XVIII kepada Muhamad Rusmin Nuryadin selaku Ketua Pelaksana POMNAS XVIII 2023. (ANTARA/Firman)


Seremonial grand launching POMNAS XVIII 2023 ditandai penekanan sirine dipimpin oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi serta rektor dan ketua Pelaksana POMNAS sekaligus peluncuran logo dan maskot resmi bernama Si Mahing.

Gubernur berharap POMNAS bisa menjadikan Kalsel sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi serta menjadi berkah bagi masyarakat Kalimantan Selatan dengan banyaknya orang luar yang berdatangan.

Diketahui 16 cabang olahraga yang dipertandingkan di POMNAS XVIII terbagi di empat titik kabupaten atau kota di Kalsel.

Terdapat 11 cabor yang  dipertandingkan di Banjarmasin, yakni atletik, bola basket, kempo, bridge, catur, futsal, gulat, pencak silat, sepak takraw, tenis lapangan, dan voli pasir. 

Sementara di Banjarbaru ada pertandingan cabor bulutangkis, karate, dan taekwondo.

Di Kabupaten Tanah Laut pertandingan panjat tebing, dan cabor renang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023