Pereli senior dan muda menganggap trek Kejuaraan Nasional (Kejurnas) "South Borneo Sprint II" di Kalimantan Selatan adalah salah satu yang terbaik di Indonesia karena menyajikan trek yang bervariatif dan memberikan tantangan yang beda bagi 36 pembalap.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah atau Ijeck yang turut serta bertanding memberikan pujian untuk para pihak penyelenggara yang memberikan pengalaman baru untuk pereli nasional bertanding pada 4-6 Agustus ini. 

"Special stages (SS) di sini juga luar biasa. Ini pertama kali di Indonesia dengan sirkuit yang lengkap ada aspal dan tanah," ujar Ijeck di Sirkuit Balipat Binuang Kabupaten Tapin, Kalsel, Minggu. 

Baca juga: Gubernur ingin South Borneo Rally naik jadi kelas dunia

Selain memuji trek yang berupa kawasan perkotaan, desa hingga medan khas jalan angkutan batubara dan perkebunan kelapa sawit, Ijeck juga menyinggung keberhasilan pihak penyelenggara menggelar Kejurnas Reli Seri II di Kalsel. 

"Apresiasi untuk panitia South Borneo Rally karena sudah menyediakan karakter lintasan yang menantang. Baru perdana di laksanakan di sini (Kalimantan Selatan) tapi perhelatannya luar biasa sukses," ungkap pereli nasional yang menduduki peringkat lima itu. 

Pereli muda Ryan Nirwan dari team Toyota Gazoo Racing Indonesia juga mengungkapkan dari semua SS yang disuguhkan di South Borneo Rally ini beragam karakter tipe trek. 

"Treknya mungkin salah satu yg terbaik dan kita disuguhkan dengan beragam macam tipe dan kondisi trek yang berbeda. Berbeda dengan rally lain karakter trek yang gitu-gitu aja, sedangkan di sini ada sirkuit motor, dan ada high speed challeng baru buat kita," ungkap pereli peringkat ke empat itu.

Pembalap ternama ini mengaku menikmati dan senang berkesempatan menjajal 13 SS yang beragam di Kejurnas South Borneo Rally Sprint II ini.

Baca juga: Pereli asal Kalsel Rihans Vareza juara satu Kejurnas "South Borneo Rally" 2023

"Memang bukan hasil yg kita harapkan karena kita berharap tadinya dengan rally kita punya peluang, perform overall saya happy, hari kedua walaupun satu-satunya AP4 kita dapat fastest dan itu sisi positifnya," ujarnya. 

Komentar serupa juga dilontarkan beberapa pihak terkait trek yang unik itu, misalnya dari pembalap ternama lainnya, Putra Rizky dan Rahmat dari LFN SEDERHANA MOTORSPORT. 
Para juara Kejurnas "South Borneo Rally" 2023, saat menerima hadiah di Sirkuit Balipat Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Minggu, (6/8/2023). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah

Baca juga: Hasil sementara, pereli tuan rumah masuk empat besar pada Kejurnas Reli

Sementara itu, pereli tuan rumah asal Kalsel Rihans Vareza dari HRVRT BGM HBM BMB FORD menempati peringkat satu dengan rekor waktu 1:20:24.7 mengungguli 35 pereli nasional berdasarkan akumulasi waktu di seluruh SS.

Posisi kedua diduduki anak muda Kalimantan Selatan juga, yakni Putra Rizky bersama co-driver Muhammad Redwan dengan total waktu 1:21:53.6. Sedangkan, urutan ketiga ditempati Rahmat bersama co-driver Hade Mboi yang membawa bendera DKI Jakarta dengan catatan waktu 1:22:02.1. 
.
Selanjutnya ada Ryan Nirwan bersama co-driver Adi Indiarto kalah tipis dengan posisi keempat menorehkan catatan waktu 1:22:03.7 dan peringkat kelima Musa Rajekshah dengan catatan waktu 1:22:11.6.

Diketahui, seri kedua dari empat Seri Kejurnas Rally 2023 ini menempuh total jarak mencapai 276 Km terbagi 13 SS.

Acara yang digelar pada 4-6 Agustus ini, dibuka dengan acara Super Special Stage (SSS) di kawasan Rantau Baru tepatnya depan Kantor Bupati Tapin.

Pada hari kedua atau Sabtu (5/8), para pereli menjalani tujuh SS dengan total jarak tempuh 201,51 Km. Dilanjutkan pada hari ketiga atau Minggu dengan lima SS total jarak tempuh 74,13 Km hingga seremonial finish dan pembagian hadiah bagi para juara di Sirkuit Balipat Binuang.

Baca juga: "South Borneo Rally", Pereli tuan rumah unjuk gigi pada hari kedua

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023