Pereli asal Kalimantan Selatan Rihans Variza bersama co-driver Anthony Sarwono dari HRVRT BGM HBM BMB FORD merebut juara satu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) "South Borneo Rally" Sprint II 2023 di Kalimantan Selatan. 

"Alhamdulillah kita memberikan hasil yang maksimal," ujar Rihans usai naik podium di Sirkuit Balipat, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Minggu. 

Sesuai janji, Rihans andalan Kalsel itu membuktikan bisa menjaga "kandang" dengan menggenggam juara. 

Baca juga: Tuan rumah South Borneo Rally 2023 tak ingin "kandang" jebol

Pembalap andalan tuan rumah ini mendominasi jadi yang tercepat pada 8 "Special Stage" (S) dari 13 SS dengan rekor waktu 1:20:24.7 mengungguli 35 pereli nasional lainnya. 

"Kepada semua tim dan masyarakat, saya ucapkan terimakasih atas semua dukungannya," ungkap Rihans.

Seri kedua dari empat Seri Kejurnas Rally 2023 ini menempuh total jarak mencapai 276 Kilometer yang terbagi 13 SS.

Baca juga: "South Borneo Rally", Pereli tuan rumah unjuk gigi pada hari kedua

Jalur di Kalimantan Selatan tersebut melintasi wilayah perkotaan, desa hingga medan khas angkutan kelapa sawit dan batu bara di Kabupaten Tapin-Kabupaten Banjar.

Acara yang digelar pada 4-6 Agustus ini, dibuka dengan acara Super Special Stage (SSS) di kawasan Rantau Baru tepatnya depan Kantor Bupati Tapin.

Pada hari kedua atau Sabtu (5/8), para pereli menjalani tujuh SS dengan total jarak tempuh 201,51 Km. Dilanjutkan pada hari ketiga atau Minggu dengan lima SS total jarak tempuh 74,13 Km hingga seremonial finish dan pembagian hadiah bagi para juara di Sirkuit Balipat Binuang.

Baca juga: Gubernur ingin South Borneo Rally naik jadi kelas dunia

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023