Batam, (Antaranews Kalsel) - Angka kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke berbagai daerah di Pulau Kalimantan terus bertambah setiap tahun, seiring dengan gencarnya promosi yang dilakukan Kementerian Pariwisata.

"Kunjungan wisatawan ke Kalimantan terus meningkat," kata Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata, Raseno Arya di Batam, Kamis.

Kementerian Pariwisata melakukan berbagai upaya untuk memperkenalkan potensi budaya di Borneo, sekaligus menarik kedatangan para turis.

Menurut Raseno, budaya Kalimantan berbeda dengan yang ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, sehingga banyak wisatawan yang kepincut untuk datang ke pulau itu.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur, Aswin menyatakan beberapa tahun terakhir, jumlah kunjungan wisman dan wisnus ke provinsi itu melonjak.

"Setelah kami (promosi Amazing Borneo Vaganza-red) di Bali dan Bandung, dari kunjungan 1,25 juta wisnus bisa menjadi 4 juta lebih, naik 300 persen" kata dia.

Dan dari target mendatangkan wisman sebanyak 30.000 pada 2015, realisasinya mencapai 49.000 kunjungan.

"Dan itu bukan hanya Borneo (Amazing Borneo Extravaganza) tapi banyak kegiatan lain yang dirangkaikan, seperti Festival Borneo," kata dia.

Kementerian Pariwista menyelenggarakan Amazing Borneo Extravaganza 2016 di Kota Batam, setelah tahun-tahun sebelumnya kegiatan serupa diadakan di Bandung dan Bali.

Aswin optimis promosi di Batam mampu menarik kunjungan wisman ke provinsinya, hingga meningkat sekitar 10 persen hingga 11 persen.

"Kami ingin mengambil wisatawan dari Batam. Karena penerbangan Batam-Balikpapan sudah ada, juga Singapura-Balikpapan dan Kuala Lumpur-Balikpapan," kata dia.

Sementara itu Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyatakan Batam sangat potensial menjadi pintu gerbang wisman ke Indonesia. Wisman yang datang ke Batam bisa diajak untuk melanjutkan perjalanan ke daerah lain.

Pemkot Batam juga terbuka untuk bekerja sama dengan daerah lain yang hendak membuka promosi di wilayah yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia./

Pewarta: Jannatun Naim

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016