Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan sebanyak 13 titik kampung moderasi beragama yang tersebar di 13 kabupaten/kota pada 2023.
 
Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Kamis, menyampaikan, kampung ini diciptakan untuk mempraktekkan sikap dan praktik beragama yang moderat di tengah keragaman agama, suku, budaya etnik dan tradisi.
 
"Harapannya tercipta kampung yang ramah, damai dan toleran," ujar dia.
 
Menurut dia, peluncuran kampung moderasi beragama di Kalimantan Selatan bersama secara serentak di Indonesia, yakni, sebanyak 2.563 kampung di Nusantara.
 
"Di provinsi kita sesuai jumlah kabupaten/kota, maka 13 titik dilaunching, secara resmi Rabu kemarin," ujarnya.
 
Salah satunya di Kota Banjarmasin ditetapkan di Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara.
 
Tambrin pun mengucapkan terimakasih kepada pihak pemerintahan kelurahan, pemerintah kecamatan dan pemerintah kota di Kota Banjarmasin yang sudah mendukung penuh diwujudkannya kampung moderasi beragama tersebut.
 
Demikian juga pemerintah kabupaten/kota lainnya se-Kalsel yang bersinergi dengan kantor kementerian agama kabupaten/kota setempat untuk suksesi kampung moderasi beragama ini.
 
"Dengan dukungan semua pihak mari kita bangun kampung santun, rukun dan harmonis seperti yang diinginkan dan dicita-citakan semua agama yang terjaga dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.
 
Tambrin pun menyampaikan, dalam peresmian kampung moderasi beragama ini, di mana semua pihak terlibat, yakni, dari tokoh berbagai agama dan suku, hendaknya tidak hanya sekedar ajang silaturahmi saja.
 
Namun, lanjut Tambrin, hendaknya dapat menumbuhkembangkan sikap optimisme untuk menjaga stabilitas dan harmonisasi dalam kehidupan sosial di tengah kemajemukan, keberagamaan dan keberagaman.
 
“Sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar umat beragama dengan saling hormat menghormati dan saling menghargai agar tercipta kerukunan yang dapat memperkokoh semangat kebangsaan," demikian kata Tambrin.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023