Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar khitanan massal bagi anak di penjuru kota dalam memperingati Hari Anak Nasional tahun 2023.
 
Menurut Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor di Balaikota, Senin, khitanan massal atau sunatan massal ini digelar sejak awal Juli hingga peringatan ini dilangsungkan di beberapa titik di kota ini.
 
"Jadi, mulai dari awal Juli kemarin yang ada di instansi, dari masjid-masjid juga ada digelar dan sekarang Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan sunatan massal kepada anak-anak di Kota Banjarmasin yang diikuti 250 anak hingga 300 anak sampai besok," katanya.
 
Dinyatakan Arifin, kegiatan ini digelar Pemkot Banjarmasin sebagai bagian dari upaya untuk memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak-anak.
 
Dia mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam acara khitanan massal ini hingga berjalan lancar.
 
Menurutnya, kegiatan itu bukan hanya tentang tradisi keagamaan, tetapi juga soal memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada generasi muda.
 
"Kita berikan kontribusi yang baik untuk mencegah seluruh penyakit yang ada di kelamin dan juga dipastikan ini fiqih kita bagi umat Islam untuk sudah menuju kedewasaan," ungkap Arifin.
 
Dia melanjutkan antusias masyarakat Banjarmasin sangat besar dalam kegiatan ini, Menurutnya, banyak orang tua yang merasa terbantu dengan adanya acara tersebut, karena dapat menghemat biaya sunatan individu dan juga dapat berkumpul dengan orang tua lainnya untuk saling bertukar informasi dan pengalaman.
 
"Mudah-mudahan ini kesempatan bagi warga kita yang mampu dan tidak mampu silakan untuk ikut," katanya.
 
Dia berharap, kegiatan khitanan massal dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional itu dapat terus dilakukan di tahun berikutnya sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam melindungi dan meningkatkan kesehatan anak-anak di Kota Banjarmasin.
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023