Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan sedang-lebat yang dapat  disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di tiga kecamatan Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan hingga sore hari.

"Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Karang Bintang, dan Kecamatan Mantewe," kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan Bencana pada BPBD Tanah Bumbu Mukhtar Halim, di Batulicin Jumat.

Baca juga: Kalsel berpotensi terdampak hujan lebat pada Selasa pagi

BMKG juga memperkirakan, cuaca tersebut dapat meluas ke Kecamatan Batulicin, Kusan Hilir, Sungai Loban, dan Kecamatan Kuranji.

Dia mengatakan, dampak pada potensi hujan lebat yang akan terjadi di wilayah tersebut dapat mengakibatkan jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi oleh perahu atau kapal.

Berpotensi terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah. Volume aliran sungai meningkat atau banjir. Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

"Yang harus dilakukan oleh masyarakat yakni berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi melalui media massa maupun media online," kata Mukhtar.

Baca juga: Dua Kota/Kabupaten di Kalsel diprediksi terdampak hujan sedang - lebat

Selain itu yang harus dilakukan untuk menghindari bencana, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak. Dan yang paling penting melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

Mukhtar juga menyampaikan informasi prakiraan gelombang di perairan Kalimantan Selatan mencapai 2,5 meter.

"Kami menghimbau kepada para kapal nelayan, kapal feri, tongkang agar tetap waspada terhadap potensi gelombang yang diperkirakan mencapai 2,5 meter di perairan Kalimantan Selatan (laut jawa) dan perairan Kotabaru," tegas Mukhtar. 

Baca juga: Sebagian wilayah Kalsel berpotensi terdampak hujan lebat pada Selasa

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023