Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel)  pada Selasa pagi, pukul 08.00 Wita .

Wilayah yang diprediksi terdampak hujan lebat antara lain Kabupaten Barito Kuala, meliputi Wanaraya, Barambai, Marabahan, .

Kemudian di Cerbon, Rantau Badauh, Belawang, Bakumpai, sementara hujan lebat juga kemungkinan bisa terjadi di Kabupaten Tapin, meliputi Kecamatan Candi Laras Utara.

BMKG juga mengingatkan akan adanya dampak hujan lebat tersebut, seperti jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadinya longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Peningkatan volume aliran sungai yang meningkat atau banjir, dan aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktifitas masyarakat dalam skala menengah.

BMKG mengingatkan langkah yang bisa dilakukan masyarakat dengan berhati-hati jika beraktifitas di luar rumah, memperbaharui informasi melalui media sosial maupun media massa.

Serta, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktifitas di luar rumah jika tidak mendesak, dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

Informasi lengkap bisa disimak di sini

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023