Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan Aulia Oktafiandi mengatakan harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) terpantau normal dan ketersediaan terbilang aman menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Kebutuhan masyarakat pasti meningkat menjelang hari raya, sehingga kita memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi dan harga tetap stabil,” kata Aula usai melaksanakan sidak pasar di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Jumat.

Baca juga: TNI Polri amankan malam lebaran hingga pelaksaan shalat Idul Adha

Ia menuturkan kegiatan sidak pasar tersebut sebagai upaya untuk menjamin kelancaran masyarakat menyambut h
Hari Raya Idul Adha.

“Saya meminta dinas terkait menyelenggarakan pasar murah agar kebutuhan masyarakat terakomodir,” ucapnya.

Aulia menyebutkan beberapa beberapa bahan pokok yang menjadi perhatian khusus di antaranya beras, telur, minyak goreng, daging dan ikan.

Dia mengatakan dari hasil pemeriksaan harga sembako masih stabil dan ketersediaan barang aman.

Lebih lanjut, ada sebagian mengalami kenaikan sedikit namun tidak terlalu berpengaruh sehingga masih dapat ditoleransi pihaknya.

Baca juga: Danrem 101/Antasari lakukan kunker Kabupaten HST

Sementara itu, persediaan daging menjelang Idul Adha di Hulu Sungai Tengah ada sebanyak 711 ekor di antaranya sapi, kerbau dan kambing.

Aulia menginstruksikan Dinas Pertanian HST memastikan kebutuhan daging untuk Idul Adha terbebas dari hama penyakit mulut dan kuku (PMK) agar aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Dia memberikan arahan khusus kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten HST untuk menyerap dan menyalurkan cadangan beras bersama Perum Bulog dalam rangka mengendalikan inflasi pangan khususnya beras menjelang Idul Adha.

Ia juga berkomunikasi secara langsung dengan para pedagang di Pasar Keramat Barabai dan berkeliling ke sejumlah gudang penyedia pasokan kebutuhan pokok saat pelaksanaan sidak pasar.

Pelaksanaan sidak pasar tersebut didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kabag Ekonomi Setda HST, dan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait diantaranya Plt. Kepala Dinas Perdagangan, Polres HST, Perum Bulog dan Instansi terkait lainnya.

Baca juga: Bupati HST lepas puluhan jamaah calon haji Kloter 14

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023