Mengantisipasi penumpukan masyarakat pada malam lebaran Idul Adha 1443 H, aparat gabungan terdiri atas TNI dan Polri melakukan patroli di wilayah kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Sabtu (9/7).

Pengamanan guna memastikan kekhusyukan pelaksaan shalat Idul Adha juga dilakukan sejak Sabtu hingga Ahad (10/9), karena sejumlah wilayah di Kabupaten HST ada yang berbeda waktu pelaksanaannya, ada yang Sabtu sebagian lagi Ahad.

Kabag Ops Polres HST Kompol Matturidi menyebutkan tujuan patroli gabungan itu mengantisipasi kegiatan masyarakat pada malam Idul Adha. "Jangan sampai terjadi penumpukan masyarakat di satu tempat," ucapnya.

Pihaknya juga membagikan masker pada tempat-tempat tertentu, karena kondisi saat ini masih dalam keadaan pandemi COVID-19.

"Kita juga melakukan pemantauan dan pengaturan arus lalu lintas, khususnya dalam kegiatan masyarakat merayakan lebaran Idul Adha dari hari Sabtu hingga Ahad," tuturnya.

Sementara itu, Plh.Kapten Inf Subhan menambahkan, kegiatan ini merupakan komitmen bersama TNI-Polri serta Pemkab HST dalam memberikan pelayanan, rasa aman, dan nyaman dalam setiap kegiatan perayaan hari raya.

"Kegiatan ini sudah menjadi komitmen kita bersama untuk melakukan pengamanan baik Idul Adha, Idul Fitri dan juga peringatan hari raya umat Nasrani maupun Hindu dan Budha warga Bumi Murakata," ucapnya.

Dia berharap, warga Bumi Murakata dapat bekerjasama menjaga stabilitas keamanan wilayah, demi ketentraman dan kenyamanan dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H, serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Dandim 1002/HST silaturrahmi dengan tokoh lintas agama masyarakat Dayak Labuhan
Baca juga: KPPN dorong percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022