Pengurus Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Banjarmasin mengumpulkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Kota Banjarmasin, sebagai salah satu upaya membantu para pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya.

Ketua Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Dr. M. Arif Budiman, mengatakan, tujuan dari Temu UMKM ini adalah untuk meningkatkan literasi para pengelola UMKM terkait urgensi pelaporan keuangan dalam pengelolaan usaha dan memberikan peluang penguatan permodalan untuk pengembangan usaha bagi UMKM. 

"Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempererat silaturahim di antara sesama pengelola UMKM di kalangan umatm: kata Arif Budiman yang juga Dosen Politeknik Banjarmasin (Poliban) di Banjarmasin Selasa. 

Temu UMKM yang digelar di ruang induk masjid di Jl. HKSN Kelurahan Kuin Utara tersebut digelar Sabtu (17) dan dihadiri lebih dari 100 peserta yang berasal dari wilayah Banjarmasin dan sekitarnya.

Materi pertama dalam Temu UMKM ini disampaikan oleh Andriani, dosen dari Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, Politeknik Negeri Banjarmasin. 

Andriani menjelaskan tentang pentingnya laporan keuangan bagi UMKM karena laporan keuangan berfungsi untuk mengukur kinerja usaha sekaligus sebagai alat evaluasi terhadap kebijakan usaha yang diambil. 

Laporan tersebut, biasanya juga diminta oleh pihak perbankan jika pengelola UMKM ingin mengajukan pembiayaan kendati dalam bentuk yang ringkas, lanjutnya. 

Kemudian, materi kedua disampaikan oleh Budiman dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Banjarmasin yang menguraikan berbagai peluang dan skema pembiayaan dari BSI yang sangat kompetitif dan menarik untuk mendukung pengembangangan UMKM di kalangan umat.

M. Syarifin, salah satu peserta berharap melalui silaturrahim ini, Allah membukakan rezeki yang berkah dan berlimpah ruah bagi para pengelola UMKM. 

Sedangkan para peserta yang lain mengharapkan agar masjid dapat menyediakan tempat untuk promosi produk UMKM dan tempat berjualan yang layak, serta menggelar bazar secara berkala.

Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Banjarmasin selama ini melaksanakan berbagai aktifitas dan program yang terkait dengan pengembangan ekonomi, seperti menyediakan gerai ATM bagi perbankan dan lapak usaha bagi pedagang UMKM, mengadakan pasar sembako murah, mendirikan koperasi syariah, menggelar talkshow literasi dan edukasi keuagan syariah, dan sebagainya.

 

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023