Dinas Pekerjaan Umun Dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Kalimantan Selatan melakukan pemeliharaan Penerangan Jalan Umum (PJU) di beberapa titik jalan Kabupaten dalam wilayah Kecamatan Pulau Laut Utara, Pulau Laut Sigam dan Pulau Laut Timur.

"Pemeliharaan PJU hari ini pengerjaan nya di daerah Sarang Tiung - Teluk Gosong," kata pengelola PJU Bagus Haryanto,di Kotabaru Senin.

Baca juga: PUPR rampungkan pemasangan penerangan jalan umum

Bagus menerangkan, sarang tiung dan teluk gosong di lakukan penanganan line PJU yang putus,jenis pemeliharaan PJU pekerjaannya berupa penggantian lampu yg mati, penyambungan line PJU yang putus dan penanganan korsleting serta penggantian aksesoris aksesoris bermasalah yang ada di dalam Box kwh.

Wilayah Teluk Gosong sekitar 4 titik lampu yang padam, sarang tiung terdapat dua titik dan masih belum tertangani di lanjutkan dengan waktu berikutnya, karena pengerjaan di fokuskan pencarian korsleting dan penyambungan line yang putus.

"Hari ini waktu tidak memungkinkan untuk penanganan penggantian lampu kemungkinan dilaksanakan di hari berikutnya," katanya

Baca juga: Bupati akomodir usulan kekurangan PJU di Desa Panggung Baru

Ia juga menambahkan, untuk pemeliharaan lampu dekoratif, pekerjaannya berupa penggantian lampu hias yang memang sudah mati dan tidak bisa digunakan lagi, penanganan korsleting serta perkuatan pada kabel ties/pengikat yang sudah lapuk.

PJU dalam kategorinya merupakan barang elektronik, sehingga mempunyai batas usia pemakaian atau penggunaan (lifetime), sehingga harus ada pemantauan, pemeliharaan, dan perawatan, termasuk perbaikan terhadapnya.

Adapun aktivitas perbaikan yang terkait dengan PJU ini antara lain dari sisi jaringan, penggantian lampu yang mati, atau pengecekan kondisi.

Bagus juga mengungkapkan,penerangan ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna jalan melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan.

Baca juga: Ketua DPRD dukung pemasangan PJU sepanjang Jalan Trikora
 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023