Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hulu Sungai Selatan (HSS), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP), kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Rombongan dalam kegiatan bertajuk "studi banding" dipimpin Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, dan dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 12 hingga 15 Juni 2023, diikuti sebanyak 204 orang peserta.

"Kunjungan kerja kita sekaligus silaturrahmi ke Provinsi Jateng ini dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan," kata Isnaniah dalam keterangan, mengutip pers release Diskominfo HSS, Jateng, Jum'at.

Adapun rangkaian kegiatan yang pertama yaitu mengunjungi Kelurahan Laweyan Solo, Kota Surakarta, disambut Ketua TP PKK RT 01 RW3 Kelurahan Laweyan Juliani Prasetyaningrum.

Koordinator pariwisata forum pengembangan kampoeng batik laweyan M. Syifaul Katim, menjelaskan sejarah singkat batik Kampoeng Batik Laweyan.

Baca juga: GNOTA HSS salurkan 200 paket bantuan pendidikan di wilayah Daha

"Kelurahan kami ini ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, sebagai Kampoeng Batik Laweyan serta sebagai obyek vital nasional di sektor pariwisata," kata Syifaul.

Di Laweyan rombongan dari HSS belajar membatik singkat dengan latar belakang yang artistik, dan dibuka peluang bagi yang berminat mendalami teknik pembuatan batik di tingkat lanjut serta mengikuti kewirausahaan batik.

Ketua TP PKK HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry, mengatakan kunjungan ini menjadi pembelajaran, keterampilan membatik, bertukar informasi terkait perkembangan batik, dan bagaimana mengembangkan motif-motif batik melalui kearifan lokal.

“Dengan kunjungan ini juga menjadi inspirasi bagi kami bagaimana cara membatik, mengembangkan motif batik, dan bagaimana pengrajin batik di sini bisa melayani pangsa pasar dari lapisan bawah hingga atas," ujar Isnaniah.

Selain itu, bahan baku yang terjangkau bagi pengrajin, serta kreativitas dan inovatif para pengrajin dalam pembuatan motif maupun karya lain.

Di hari selanjutnya rombongan HSS mengunjungi ke Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang yang disambut Camat Ambawara Eka Jaya Sakti dan Kepala Desa Nowo Sugiarto.

Baca juga: PKK HSS sediakan harga paket sembako murah Rp30 ribu

Dalam kesempatan kunjungan kali ini terkait belajar pengelolaan limbah sampah, dan budidaya ikan di Desa Bejalen.

Dari kunjungan diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan yang dapat memotivasi para kader untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Kemudian mampu melakukan inovasi dan kreativitas serta ide-ide yang cemerlang, sehingga dapat di aplikasikan dalam mewujudkan keluarga sejahtera sebagaimana yang telah dicantumkan dalam 10 program pokok PKK.

"Untuk nantinya bisa kita terapkan di Kabupaten HSS, karena PKK merupakan ujung tombak di lapangan bagi keluarga dan masyarakat," ucap Isnaniah.

Pada akhir rangkaian kegiatan juga dilaksanakan wisata religi, untuk dapat mempererat silaturrahmi dan meningkatkan kompakan dan seirama dalam melaksanakan bakti PKK kepada masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023