Ketua Tim Penggerak  PKK Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Hj Nurul Hikmah Sumakta mengatakan, Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke - 51 tahun 2023 adalah momentum membentuk keluarga sejahtera. 

"Saya sangat mengharapkan rangkaian peringatan ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja dan juga bukan kegiatan yang hanya syarat dengan acara seremonial sesaat saja," ujar Hj Nurul Hikmah Sukamta, pada peringatan HKG PKK Ke - 51,  di Balairung Tuntung Pandang, Selasa (13/6)

Baca juga: DKPP Tala : Pangan olahan bergizi sangat penting untuk mencukupi nutrisi

Menurut dia, kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati HKG PKK selalu menimbulkan gelora berupa, membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya gerakan PKK.

Dengan tema HKG PKK ke 51 "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh", dia berharap, tema tersebut mengandung makna mendasar.
Makna mendasar itu, terang dia, berupa kebersamaan dan keterpaduan yang harus dicurahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

"Niscaya bila mana itu dapat kita laksanakan, maka diharapkan dapat pula kita wujudkan Indonesia tumbuh yang pada akhirnya Indonesia maju," tegasnya.

Sebagai mitra kerja pemerintah, papar dia,  PKK harus mampu menjadi pelopor dan pembaharu pola pemberdayaan keluarga bertumpu pada penggerakan peran serta masyarakat harus menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan.

Baca juga: 43 desa di Tanah Laut belum melaksanakan MTP

Bupati Tanah Laut HM Sukamta diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Tanah Laut Safarin berharap,  Tim Penggerak  PKK Tanah Laut  dapat memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas berkelanjutan kepada seluruh kadar PKK, termasuk pembinaan desa percontohan agar agenda kerja pemerintah dapat tercapai.

"Mari terus tingkatkan motivasi para kader untuk melaksanakan 10 program PKK dengan menggelorakan semangat bagi kaum wanita, untuk terus bersatu melahirkan generasi cerdas. PKK harus bersinergi dengan pemerintah menjadi pelopor  inspiratif," kata Safarin.

Dalam perayaan HKG PKK ke 51 tersebut, Tim Penggerak  PKK Tanah Laut melaksanakan berbagai rangkaian lomba,  diantaranya cerdas cermat.

Baca juga: PKK Tanah Laut dukung upaya penanggulangan stunting

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023