Kandangan,  (Antaranews Kalsel) - Polres Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, memanfaatkan Ramadhan 1437 Hijriah untuk ceramah tentang bahaya narkoba secara bergiliran di beberapa masjid di kabupaten tersebut.

Kapolsek Kandangan Iptu Ghandi Randhi Subekti di Kandangan Selasa, mengatakan, pihaknya juga memberikan ceramah atau kuliah tujuh menit (Kultum) di Masjid At Taqqa Kandangan, dalam rangka giat Polres HSS untuk menciptakan suasana dan kondisi yang kondusif selama Ramadhan.

Kultum dengan tema bahaya narkoba dan kemudaratan ini disampaikan sebelum shalat tarawih, untuk mengingatkan masyarakat tentang maraknya kasus-kasus kekerasan seperti pemerkosaan, penganiayaan bahkan pembunuhan yang berawal dari mabuk.

Menurut dia, mengkonsumsi minuman keras, narkoba dan sejenisnya adalah perbuataan yang buruk karena bisa mendatangkan kemudaratan baik bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

"Tingginya kasus kekerasan, dan pemerkosaan serta lainnya, berawal dari minuman maupun obat-obatan terlarang tersebut, sehingga masyarakat harus membantu mencegah peredarannya, dengan melaporkan ke polisi," katanya.

Kapolsek mengutip firman Allah dalam Surah Al Arof 157 yang berarti dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk (Khobit) dan perkataan Khobit disini bermakna memberikan efek negatif.

Dijelaskannya bahwa yang merusak dan membinasakan diri adalah haram hukumnya, sebagaimana firman Allah SWT yang memberikan perintah dengan kata "jangan" karena diketahui efek narkoba tidak baik bagi badan dan akal manusia.

Kapolsek meminta, agar para jamaah masjid bersama-sama memberantas narkoba, agar keluarga dan anak cucu serta masyarakat Hulu Sungai Selatan terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

"Menyelamatkan diri, keluarga dan lingkungan dari peredaran obat-obatan terlarang, berarti juga ibadah dan telah menegakkan perintah Allah, untuk menjauhi perbuatan mungkar yang dilarang agama," katanya.

Kapolsek juga meminta para ulama dan tokoh masyarakat aktif melaksanakan amar makruf nahi munkar, untuk membantu pihak kepolisian menjaga wilayah HSS dari penyakit masyarakat terutama narkoba.

"Tanpa ada ada kerjasama atau sinergitas tugas kepolisian tidak akan berhasil optimal," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016