Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Rahman Nanang Riduan menyoroti gelar acara perpisahan kelulusan sekolah di daerahnya yang diharapkan jangan memberatkan orang tua siswa.
 
"Semua sekolah saat ini melaksanakan acara perpisahan kelulusan sekolah, ini kita minta Pemkot mengawasi agar jangan ada pungutan yang memberatkan orang tua siswa," ujarnya di gedung dewan kota, Kamis.

Baca juga: DPRD Banjarmasin meminta perketat pengawasan hewan kurban dari luar Kalimantan
 
Apalagi, ungkap dia, acara perpisahan kelulusan sekolah baik di tingkat PAUD dan TK, SD hingga SMP digelar di gedung mewah atau hotel, ini pastinya cukup besar biayanya.
 
"Imbasnya orang tua siswa harus mengeluarkan dana besar, padahal habis ini mereka harus kembali memasukan anaknya ke sekolah lebih tinggi, pastinya biaya lagi keluar," ucapnya.
 

Sebagian komisi yang bermitra dengan dinas pendidikan, kata politisi PAN tersebut, pihaknya berkepentingan untuk mengawasi ini, apalagi perpisahan kelulusan sekolah dilaksanakan tidak wajar.
 
"Kita harap Pemkot Banjarmasin dalam hal ini dinas pendidikan menghimbau atau meminta sekolah untuk melaksanakan acara perpisahan kelulusan sekolah dengan sederhana, tapi tetap berkesan," papar Nanang Riduan.
 
Menurut dia, ini harus jadi perhatian semua, sebab ekonomi masyarakat usai pandemi COVID-19 ini belum begitu pulih dengan baik, hingga tidak melakukan acara seolah-olah berpoya-poya.
 
"Kami harap ini jadi renungan semua orang tua dan pihak sekolah," ujar Nanang Riduan.
 
Baca juga: Kekerasan anak PAUD di Banjarmasin dapat perhatian khusus
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023