Anggota konsorsium Konferensi Antarbangsa Islam Borneo (KAIB) Prof Dr H Budi Suryadi mengatakan KAIB yang beranggotakan tiga negara kawasan Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam berkontribusi menyumbang pemikiran untuk ASEAN.

"Konferensi internasional ini terus melahirkan ide-ide baru untuk kemajuan pembangunan di Pulau Borneo yang menjadi bagian dari kawasan masyarakat ASEAN," katanya di Banjarmasin, Ahad.

Baca juga: Mahasiswa UIN Antasari raih "Best Paper Terbaik I" di BUAF 2019

Borneo merupakan sebutan untuk daerah Kalimantan.

Budi yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan itu menyebut KAIB merupakan wujud persaudaraan antarabangsa di Pulau Borneo terutama mewujudkan dakwah yang lebih luas dalam rangka membangun peradaban Islam.

Namun begitu, kata dia, dalam perkembangannya sumbangsih pemikiran yang sesuai dengan konsep ajaran Islam juga diharapkan berkontribusi terhadap program dan semangat ASEAN dalam upaya peningkatan sumber daya manusia di Asia Tenggara.

Melalui kerja sama yang kuat dalam pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi berbagai universitas dan lembaga pendidikan tinggi yang ada di kepulauan Borneo maka peran KAIB kini sangatlah strategis turut mendukung kemajuan ASEAN.

Baca juga: ULM-Filipina laksanakan "SEA Teacher" perkuat kerja sama ASEAN

"ULM sendiri sebagai perwakilan Indonesia di tanah Borneo (Kalimantan) terus memperluas kerja sama dengan negara-negara ASEAN di bidang Tridharma perguruan tinggi," ucap Budi.

Pulau Borneo dengan kekayaan sumber daya alam, keanekaragaman flora dan fauna, serta seni dan budaya merupakan pulau terbesar ketiga di dunia yang dihuni masyarakat tiga negara, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

KAIB merupakan kegiatan konferensi tahunan yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Islam Borneo (PPIB) bekerja sama dengan berbagai universitas tiga negara tersebut, para pakar dari berbagai bidang ilmu berkumpul membahas pemikiran dan temuan hasil penelitian yang memiliki keterkaitan dengan konsep dalam ajaran Islam.

Baca juga: Pusat Studi ASEAN ULM permudah kerja sama

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023