Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr Ir H Yudi Firmanul Arifin menuturkan, Pusat Studi ASEAN ULM didirikan agar para mahasiswa bisa lebih mengenal negara-negara di ASEAN dan mempermudah kerja sama antar perguruan tinggi di Asia Tenggara.

Hal itu dikatakannya saat membuka kegiatan "Stadium Generale" dengan tema “ASEAN adalah Kita” di General Building ULM di Banjarmasin.

Menurut Yudi, salah satu hasil nyata Pusat Studi ASEAN antara lain dengan diterimanya mahasiswa asing dari Filipina dan Thailand untuk berkuliah di ULM.

Baca juga: ULM targetkan 100 guru besar pada 2023

Kemudian program pertukaran mahasiswa FKIP dan FT pada program Sea-Teacher dan Sea TVET, serta pertukaran dosen ULM dengan beberapa universitas di Malaysia.

Sementara Ketua Pusat Studi ASEAN ULM Dr H Budi Suryadi menyampaikan terima kasih kepada pihak rektorat yang selama ini mendukung penuh program di Pusat Studi ASEAN.

"Kami terus melakukan riset, konsultasi, dan komunikasi untuk mempromosikan kerja sama ASEAN kepada para pemangku kepentingan.  Keunggulannya dalam memberikan sudut pandang akademis untuk mendukung proses perumusan kebijakan sesuai karakteristik daerah, khususnya pada pilar politik dan keamanan, ekonomi, dan sosial budaya," tutur dosen di Program Studi Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ULM itu.

Ketua Pusat Studi ASEAN ULM Dr H Budi Suryadi. (antarakalsel/foto/firman)

Sedangkan Ketua pelaksana Husin Abdul Rahman menyampaikan kebanggaannya atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Hal ini menandakan bahwa Pusat Studi ASEAN ULM tetap berkembang sejak pendiriannya tahun 2018.

Dia juga berharap melalui kegiatan seperti itu bisa terus berusaha dan berjuang agar terus bermanfaat bagi ULM.

Acara hasil kerjasama Pusat Studi ASEAN ULM dan Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia itu juga dihadiri Sekdirjend Kerja Sama ASEAN Vedi Kurnia Buana.

Baca juga: ULM dan University of Cambridge tingkatkan kerjasama
Baca juga: ULM kembali luluskan Program Doktor
Baca juga: Jaya bahagia sang anak ikuti jejaknya jadi alumni ULM

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019