Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi berharap anggota pramuka juga memiliki kesadaran untuk bela negara sebagai upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republik Indonesia terhadap ancaman baik dari luar maupun dalam negeri.
 
"Dengan kesadaran cinta tanah air dan bangsa Indonesia, para peserta yang hadir diharapkan memiliki kesadaran untuk membela negara dengan kapasitasnya masing-masing dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara dan jati diri bangsa," kata Aulia saat membuka Sosialisasi Pembinaan Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi Anggota Pramuka Kabupaten HST 2023 dalam keterangan tertulis di Barabai, Kamis malam.
 
Aulia menjelaskan wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sekitarnya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah di dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
 
"Sosialisasi wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara khususnya para anggota pramuka serta meningkatkan peran serta para anggota pramuka dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa juga cinta bangsa Indonesia," ungkap Bupati.
 
Kepala Badan Kesbangpol HST Mardiyono melaporkan tujuan pelaksanaan kegiatan untuk menumbuhkan dan memperkuat kesadaran berbangsa dan bernegara di tengah-tengah gempuran informasi global yang bisa mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme.
 
"Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila serta melatih generasi muda agar memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya baik intelektual maupun spiritual," ujar Mardiyono.
 
Acara yang diikuti 100 peserta dari anggota pramuka Kabupaten HST tersebut dengan materi diberikan oleh narasumber Kepala Badan Kesbangpol HST Mardiyono, Ketua Kwartir H Ainur Rafiq dan Kapolres AKBP Jimmy Kurniawan.

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023