Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Kuala (Batola)  bekerjasama dengan Tim Penggerak setempat untuk menggelar Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Kabupaten Tahun 2023, di Aula Selidah Marabahan, Kamis.

Penjabat  Bupati Batola Mujiyat diwakili oleh Sekretaris Daerah Barito Kuala  H Zulkipli Yadi Noor mengatakan,  Lomba Masak Serba Ikan tersebut  diikuti 17  Tim Penggerak kecamatan se-Batola.

Baca juga: Bupati HST dorong PKK cegah stunting melalui ASI Eksklusif

"Masing-masing  kecamatan membawa tiga menu masak olahan ikan dengan katagori menu keluarga, menu balita dan menu kudapan," ujarnya, di Marabahan. 

Pada perlombaan masak ikan kali ini, menurut dia,  dinilai oleh dewan juri Chef profesional Agus Sasirangan ditambah juri  dari DKPP dan Tim penggerak PKK Batola.

H Zulkipli Yadi Noor juga mengatakan, gerakan memasyarakatan  makan ikan berimplikasi pada peningkatkan konsumsi ikan nasional serta keanekaragaman pangan untuk mensosialisasikan konsumsi ikan, makanan bergizi seimbang dan aman untuk masyarakat.

Ketua Tim Pengeerak PKK Batola Suharyanti mengatakan, kegiatan tersebut  memacu kreativitas para ibu-ibu untuk mengolah beragam masakan dan makanan berbahan pangan lokal.

"Selain itu kita juga mendorong kesadaran akan pentingnya pemenuhan gizi berimbang pada sajian makanan keluarga khususnya untuk anak-anak kita, " katanya.

Menurut Suharyanti, olahan ikan sangat relevan untuk mendukung program perbaikan gizi masyarakat dalam penanganan stunting di Batola.

Adapun pemenang dari ketiga lomba tersebut dimenangkan semua oleh Kecamatan Tabukan. 

Menu  diusung Kecamatan Tabukan berupa,  Nikubikat (Nila Kukus Bihun Paikat), Lapis Habiga (Harum Binjai Buah Naga), dan Burhalangka (Bubur Haruan Kalangkala). 

Hasil lomba ini kemudian akan diseleksi kembali ke tingkat provinsi dan nasional diselenggarakan di Provinsi  Lampung. 

Baca juga: Pemkab Batola bagikan sembako dan Lounching Tapih Sarung Saraba Bisa
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Kuala (Batola)  bekerjasama dengan Tim Penggerak PKk Batol, Kalimantan Selatan menggelar Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Kabupaten Tahun 2023, di Aula Selidah Marabahan, Kamis (4/5/2023).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO BATOLA.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023