Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, melonggarkan peraturan pasar wadai, dengan memperbolehkan pedagang buka lebih awal.

Bupati HSS Achmad Fikry mengungkapkan, tahun ini peraturan daerah tentang larangan dibulan Ramadan bergeser, kalau tahun yang lalu Pasar Wadai Ramadan bukanya pukul 14.00 wita, sedangkan sekarang dimajukan pukul 13.00 wita..

Bupati berharap agar suasana Pasar Wadai yang nyaman untuk pedagang dan pembeli, jangan sampai kendaraan masuk,  begitupun Satpol PP dan Kantor Pengelola Pasar supaya bersinergi untuk menjaga pintu gerbang Pasar Wadai Ramadhan.

Hal ini dikarenakan Pasar Wadai dikeluhkan orang setiap tahun karena terganggu dengan kendaraan yang masuk sehingga perlu kesadaran kita, dimana Pemerintah pada posisi mengatur dan kesadaran masyarakat yang diharapkan untuk menjaga dan saling menghargai supaya suasana pasar lebih nyaman.

Menurutnya, Pasar Wadai Ramadan tahun ini lebih rapi, karena menggunakan tenda baru bantuan Bank Kalsel Konvensional dan Syariah dengan harapan menjadi penunjang kenyamanan untuk berdagang.

Bupati juga  meminta Dinas Kesehatan bersama Dinas Perindagkop dan UKM  melakukan monitoring disemua titik selama Pasar Ramadhan terhadap zat yang digunakan oleh pedagang, pasar Ramadhan memberikan peluang dan kesempatan untuk mempermudah mendapatkan keperluan untuk berbuka puasa.

Sebelumnya Kepala Kantor Pengelola Pasar Drs.Akhmad Raihani menyampaikan laporannya bahwa Pasar Wadai Ramadan 1437 H ini diikuti sebanyak 100 pedagang, para pedagang tidak dipungut biaya stand, hanya membayar retribusi harian dan retribusi sampah yang jumlahnya sebesar Rp.105.000.

Pelaksanaan Pasar Wadai Ramadhan dimulai hari ini sampai dengan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Ia berharap pelaksanaan Pasar Wadai Ramadhan 1437 H dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan para pedagang, warga masyarakat dan warga Kabupaten HSS serta dapat manambah dan meningkatkan pendapatan para pedagang.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati H.Ardiansyah, Ketua DPRD Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad, Dandim 1003 Kandangan Letkol.Inf.Rudy Namsyah, Sekretaris Daerah HSS H.M.Ideham, Ketua MUI Kabupaten HSS KH.Muchyar Dahri.

Selain itu, para Asisten, Staf Ahli, para Kepala SKPD, Ketua Organisasi Wanita se Kabupaten HSS beserta pengurus, Kepala BUMD dan BUMN.Kandangan.

Pasar Ramadan  yang bertempat di jalan Pangeran Antasari ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati dipintu gerbang Pasar Wadai Ramadhan 1437 H oleh Ketua TP PKK Kabupaten HS SHj.Isnaniah A Fikry

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016