Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Firman Yusi mengajak pemerintah desa di provinsinya bersama-sama mengembangkan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Ajakan itu saat sosialisasi program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) rancangan peraturan daerah (Raperda), peraturan daerah (Perda) dan Perundang-undangan, ujar Firman melalui telepon seluler, Selasa.

Dalam sosialisasi Propemperda Raperda, Perda dan Perundang-undangan di Kecamatan Muara Harus (lebih 237 kilometer utara Banjarmasin) Kabupaten Tabalong pada 8 Mei 2023 itu, Firman Yusi menyosialisasikan Raperda Keperpustakaan dan Pemberdayaan Literasi.

Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang berkampus di Banjarbaru itu menerangkan, substansi Ranperda tersebut mendorong transformasi perpustakaan untuk menjadi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Pada Raperda tersebut atau yang kini sedang pembahasan DPRD Kalsel menegaskan, peran perpustakaan meluas menjadi salah satu pilar penting untuk pemberdayaan, peningkatan produktivitas yang muaranya adalah mampu membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Firman yang juga Sekretaris Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel itu menjelaskan, bahwa dalam aktivitasnya, Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial mampu memfasilitasi penerima manfaatnya untuk menggali potensi dirinya dan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, memperoleh pengetahuan lengkap untuk mengembangkan potensi tersebut hingga memberi manfaat ekonomi untuk dirinya sendiri dan masyarakat sekitar, tegas mantan anggota DPRD "Bumi Saraba Kawa" Tabalong tersebut.

"Untuk itu pula, Perda tersebut akan memberikan tugas kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalsel untuk membantu dan mendampingi semua perpustakaan, baik yg ada di OPD, sekolah, desa bahkan komunitas dalam mengembangkan dirinya," demikian Firman Yusi.
Sosialisasi Raperda Kalsel tentang Keperpustakaan dan Pemberdayaan Literasi oleh anggota DPRD provinsi setempat, Firman Yusi di Kecamatan Muara Harus (lebih 237 kilometer utara Banjarmasin) Kabupaten Tabalong, 8 Mei 2023. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Firman Yusi sendiri Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Keperpustakaan dan Pemberdayaan Literasi di Kalsel, dan dalam rangkaian pembahasan antara lain melakukan kaji tiru ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pekan lalu.

Sementara Camat Muara Harus, Adityapula Nugraha yang turut hadir pada sosialisasi tersebut menyambut gembira Ranperda itu dan sepakat bahwa Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sudah seharusnya hadir hingga ke tingkat desa.

"Di Kecamatan Muara Harus sendiri, sesuai arahan Bupati Tabalong, perpustakaan sudah hadir di semua desa. Oleh sebab itu, transformasi seperti yang dimaksud sudah pasti akan menambah nilai manfaat kehadiran perpustakaan desa," tambahnya
Sosialisasi Raperda Kalsel tentang Keperpustakaan dan Pemberdayaan Literasi oleh anggota DPRD provinsi setempat, Firman Yusi di Kecamatan Muara Harus (lebih 237 kilometer utara Banjarmasin) Kabupaten Tabalong, 8 Mei 2023. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023