Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mempersiapkan menu andalan makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) untuk bersaing di lomba tingkat provinsi setempat.
 
"Juara pertama lomba makanan B2SA akan kami ikutsertakan pada lomba tingkat Kalsel," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Banjarbaru Abu Yajid Bustami di Banjarbaru, Senin.
 
Pernyataan itu disampaikan Yajid di sela lomba gerakan makan enak, makan sehat, makan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), suka sayur dan buah, dalam rangka Hari Jadi ke-24 Kota Banjarbaru.
 
Lomba yang digelar di Aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru itu diikuti Tim Penggerak PKK kelurahan se-Kota Banjarbaru yang menyajikan beragam menu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita itu.
 
Menurut Abu Yajid, pihaknya akan mengarahkan juara pertama lomba tingkat Banjarbaru sehingga mampu bersaing dengan peserta dari kabupaten dan kota se-Kalsel nantinya.
 
"Juara lomba akan kami bina dan diarahkan sehingga bisa menyiapkan menu andalan untuk disajikan pada lomba B2SA tingkat Kalsel. Semoga hasilnya baik dan membawa nama harum Banjarbaru," ucapnya.
 
Dikatakan Yajid, tujuan lomba meningkatkan kesadaran dalam membudayakan konsumsi pangan B2SA hidup sehat, aktif, produktif kepada masyarakat dan PMT untuk balita agar kebutuhan gizi terpenuhi.
 
Sebelumnya, Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengatakan lomba cipta diharapkan mampu memanfaatkan bahan pangan lokal menjadi makanan yang bergizi, aman dan bahan yang diolah didapatkan dengan biaya murah.
 
"Lomba cipta ini diharapkan mampu memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam memanfaatkan potensi alam daerah," ujar wali kota diwakili Asisten I Mutia Syafariahadi saat membuka kegiatan.
 
Diharapkan, proses pengolahan menjadi bahan pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan menambah pendapatan rumah tangga.

Baca juga: Sekda Banjarbaru galakkan gerakan gemar makan ikan
 
Yajid juga mengharapkan, menu beragam, bergizi dan seimbang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari dan kreasi olahan makanan lokal semakin beragam sehingga makin sehat dan bervariasi.
 
"Menu beragam, bergizi seimbang dan aman tidak hanya berhenti pada lomba namun berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari sehingga generasi muda dan keluarga makin sehat dan bersemangat," katanya.
 
Hasil penilaian juri, juara pertama lomba diraih TP PKK Kelurahan Loktabat Utara, juara 2 Kelurahan Kemuning dan juara ketiga diraih Kelurahan Sungai Besar sedangkan juara favorit TP PKK Sungai Ulin. 

Baca juga: Banjarbaru Titech Expo suguhkan bursa pendidikan hingga produk unggulan UMKM

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023