Anggota Panitia Khusus I DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Gusti Abidinsyah mengharapkan, Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi atau RTRWP-nya bersinergi dengan RTRWP Kalimantan Tengah (Kalteng).

Harapan itu dicetuskan ketika Panitia Khusus (Pansus) I yang diketuai H Hasanuddin Murad melakukan kaji banding ke provinsi tetangga (Kalteng), ujar Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel melalui telepon seluler, Sabtu.

Pansus I DPRD Kalsel tersebut membahas RTRWP setempat Tahun 2023 - 2043 dengan luas wilayah lebih kurang 37.000 kilometer persegi atau 3,7 juta hektare yang kini terbagi 13 kabupaten/kota.

Kaji banding Pansus I tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng di Palangkaraya (sekitar 198 kilometer barat Banjarmasin).

Pasalnya, menurut Abidinsyah yang juga Sekretaris Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel itu, provinsinya mempunyai kemiripan dengan Kalteng.

"Oleh karena itu  saya meminta Dinas PUPR Kalsel agar menjadwalkan pertemuan kembali dengan Dinas PUPR Kalteng untuk lebih bersinergi dalam hal tata ruang,” tegas Gt Abidinsyah.
Pansus I Raperda tentang RTRWP Kalsel 2023 - 2043 saat kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Tengah di Palangkaraya, 5 Mei 2023. (ANTARA/HO-Staf Komisi III DPRD Kalsel)

Sebelumnya Wakil Ketua Pansus I Hormansyah menerangkan, kaji banding ke "Bumi Isen Mulang" atau "Bumi Tambun Bungai" Kalteng untuk percepatan penyusunan Raperda RTRWP Kalsel 2023 - 2043.

Menerima rombongan Pansus I RTRWP Kalsel yang dipimpin Hormansyah tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Dinas PUPR Kalteng Masrun Asyrofi beserta jajaran di Palangkaraya, 5 Mei 2023.

Sementara di hadapan wakil rakyat Kalsel tersebut, Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Dinas PUPR Kalteng Imam War mengatakan, revisi RTRW dan dukungan infrastruktur akan mereka skinkronkan.

“Revisi RTRW lebih ke kawasan non hutan, kemudian RTRW Provinsi harus diintegrasikan dengan wilayah pesisir dan tentunya RTRW Kalteng memperhatikan Ibu Kota Negara (IKN) baru, terutama dalam dukungan infrastruktur guna sinkronisasi," tegas Imam.

Kaji banding Pansus I RTRWP Kalsel ke PUPR Kalteng ketika kunjungan kerja ke luar daerah, 4 - 6 Mei 2023, demikian keterangan pers Humas Setwan Kalsel.
Pansus I Raperda tentang RTRWP Kalsel 2023 - 2043 saat kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Tengah di Palangkaraya, 5 Mei 2023. (ANTARA/HO-Staf Komisi III DPRD Kalsel)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023