Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII =Tahun 2023.

Fikry mengucapkan, selamat Hardiknas dan melalui peringatan mengajak menjadikannya sebagai momentum terus berbenah, dan menyempurnakan kualitas pendidikan di daerah.

"Saya percaya dengan peran aktif semua pihak, maka pendidikan kita akan dapat semakin baik lagi ke depannya,” kata Fikry, dalam sambutan di Lapangan Lambung Mangkurat, alun-alun Kota Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Selasa.

Fikry kemudian meneruskan apa yang disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam pidato tertulis peringatan Hardiknas tahun 2023.

Dalam pidatonya, dijelaskan Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi semua pihak untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi.

Baca juga: PPD 2022 : HSS 10 terbaik di Indonesia dan satu-satunya dari kalimantan

Juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil, dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan sepanjang tiga tahun terakhir.

"Kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan, guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar," ucap Fikry.

Para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini.

Perjalanan harus dilanjutkan, perjuangan mesti diteruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.
=
“Semarakkan hari ini dengan semangat meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” ujar Fikry, dalam pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sementara, untuk peringatan hari Otda, Fikry bersyukur pada peringatan hari otda tingkat nasional di Makassar kemarin, HSS mendapatkan penghargaan dari menteri dalam negeri.

"Alhamdulillah, Kabupaten HSS masuk sebagai 10 besar kabupaten se-Indonesia, berdasarkan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah (EPPD) tahun 2022, dengan status kinerja tinggi,"ungkap Fikry.

Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan, sekaligus merupakan hasil jerih payah semua pihak dalam pencapaiannya.

Baca juga: Ketua DPRD apresiasi HSS 10 terbaik PPD 2022

Fikry berharap, agar penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan dorongan untuk terus berinovasi, dan bersemangat memajukan daerah serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Tujuan otonomi daerah pada hakekatnya adalah pemberian sebagian besar kewenangan, khususnya kewenangan konkuren yang diberikan kepada daerah," jelas Fikry, mengutip pidato sambutan Menteri Dalam Negeri untuk peringatan hari otda ke-27.

Dengan dilaksanakannya otonomi daerah, sistem pemerintahan berubah dari sentralistik menjadi desentralistik, namun bukan merupakan desentralisasi penuh, melainkan desentralisasi sebagian.

Selain itu, kepala daerah diminta untuk mengambil langkah-langkah prioritas melalui peningkatan iklim investasi di daerah, mendorong penggunaan produk dalam negeri (p3dn) melalui belanja APBD.

Serta, dalam memastikan kebebasan untuk memeluk dan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan, sebagaimana yang dijamin dan telah diatur dalam konstitusi negara.


==

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023