Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Persediaan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, diprediksi cukup untuk keperluan selama Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah.

"Stok darah di RSUD saat ini mencapai 200 kantong sedangkan kebutuhan rata-rata 130 kantong darah setiap bulan," kata Direktur RSUD Tanah Bumbu Harry melalui Kepala Bagian Tata Usaha M Saleh di Batulicin, Kamis.

Dia mengemukakan, stok darah untuk golongan darah A ada 50 kantong, golongan darah B 50 kantong, golongan darah O 62 kantong dan golongan darah AB 38 kantong.

Ia mengatakan, untuk memenuhi stok darah tersebut maka pihak RSUD menjalin kerja sama dengan Palang Marah Indonesia (PMI) Tanah Bumbu.

"Sudah menjadi kebiasaan, selama Ramadhan stok darah menipis karena relawan yang bersedia donor darah berkurang dari biasanya, sementara kebutuhan relatif stabil seperti di luar Ramadhan," ujarnya.

Dia menjelaskan, bagi relawan yang belum pernah melakukan donor darah tidak perlu takut untuk menjadi pendonor, sebab semakin rutin kita melakukan donor maka tubuh kita akan menjadi semakin sehat.

Ada 28 manfaat donor darah bagi kesehatan, salah satu manfaat kesehatan bagi para pendonor yaitu melindungi jantung, bagi mereka yang secara aktif mendonorkan darah pastinya akan mendapati jantung yang jauh lebih sehat.

"Menurunkan resiko terkena kanker, membantu menurunkan level zat besi pada darah dan pembaharuan sel-sel darah secara rutin," ucapnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016