Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Tim gabungan yang terdiri dari BNNP Kalsel, BNNK Banjarmasin, Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, TNI dan Satpol PP setempat merazia Kampung Arab Kelurahan Pasar Lama dalam rangka memberantas Narkoba di kampung tersebut.

"Sebelumnya di kampung itu sudah beberapa kali kami sosialisasikan terkait bahaya Narkoba namun masih ada saja yang membandel sehingga dilaksanakan razia gabungan," kata Kepala BNNP Kalsel Kombes Pol Arnowo di Banjarmasin, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan bersih-bersih Narkoba di Kampung Arab itu dilakukan di empat penjuru pemukiman padat penduduk itu.

Dalam kegiatan tersebut pihak polisi menurunkan personel dengan menggunakan senjata lengkap dan rompi anti peluru tak lupa juga membawa anjing pelacak Narkoba.

Aksi para penegak hukum dalam memberantas Narkoba di Kampung Arab itu berlangsung pada Kamis (26/5) pagi, sekitar pukul 09.00 Wita hingga dua jam ke depan.

Ada beberapa orang yang diamankan beserta barang buktinya di antaranya di Gang Mekarsari diamankan 95 butir Charnoven dari warga bernama Mar`i dan Ahim 18 butir.

Selanjutnya, di Gang Cahaya diamankan laki-laki bernama Muluk dengan barang bukti sebanyak 53 butir Charnoven dan di Gang Ibu diamankan Dayat dengan barang bukti sebanyak 190 butir obat Merk Zhenit itu.

"Semua pelaku yang kami amankan dalam razia gabungan ini diserahkan ke Kesatuan Narkoba Polresta Banjarmasin guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ucapnya usai memimpin kegiatan tersebut.

Arnowo berharap Banjarmasin memiliki kampung bersih narkoba dan Kampung Arab ini salah satunya. Pencegahan sudah dilakukan melalui sosialisasi sejak Januari, tapi masih ada yang bandel sehingga perlu kegiatan lanjutan berupa razia.

Razia gabungan itu menggeledah beberapa rumah warga yang dicurigai menyimpan Narkoba. Ke depannya akan dibentuk kampung-kampung bersih Narkoba di Kalsel.

Untuk Kampung Arab juga akan didirikan pos konseling Narkoba nantinya dan di kampung tersebut terus dilakukan pengawasan.

Orang nomor satu di BNNP Kalsle itu juga mengatakan dan kegiatan ini personel yang diturunkan sebanyak lebih kurang 200 personel ditambah ajing pelacak Narkoba dari Unit Satwa Polda Kalsel.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016