Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menjadikan Hikun Agri Park Tanjung sebagai kawasan wisata edukasi pertanian.

"Hikun Agri Park juga dikembangkan menjadi lokasi pasar tani, percontohan, peneliti/riset bagi para kelompok tani, pelajar dan mahasiswa," kata Pengawas Mutu Hasil Pertanian DKP2TPH Kabupaten Tabalong Endang Susilowaty di Tanjung, Rabu.

Baca juga: Desa Harus Kabupaten Tabalong kembangkan wisata lokal

Endang menuturkan Hikun Agri Park memiliki potensi yang didominasi tanaman buah, bunga dan aneka sayuran sangat cocok sebagai tempat belajar dan riset.

Endang mengungkapkan kawasan wisata yang dikelola DKP2TPH Kabupaten Tabalong itu dapat dimanfaatkan kalangan masyarakat untuk menimba ilmu di Hikun Agri Park.

Pengembangan kawasan ini tertuang dalam SK Bupati Tabalong nomor 188.45/510/2020 soal Penetapan Hikun Agri Park sebagai lokasi Pengembangan dan Pemasaran Hasil Kebun Sayur Segar dan Aman Konsumsi.

Pemkab Tabalong membangun Hikun Agri Park dengan luas lahan sekitar 1,8 hektare sejak 2019 dan diresmikan pada Desember 2020.

Awal mulanya Hikun Agri Park hanya memproduksi tanaman sayuran dan muncul inovasi untuk menjadi kebun buah dan sayur yang bisa menjadi contoh untuk masyarakat terutama para petani.

Baca juga: Bupati Tabalong raih penghargaan pengembangan desa wisata

Pada 2020, Endang menambahkan Hikun Agri Park menjadi ruang terbuka hijau yang bertemakan pertanian.

"Walaupun baru namun situs tersebut dirasa memiliki potensi yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata edukasi pertanian," ungkap Endang.

Para pengunjung tidak hanya sekedar berwisata namun diajak mengenal dan mempelajari tanaman-tanaman yang ada di dalamnya.

Agri Park Hikun sekarang sudah terbuka untuk umum mulai dikunjungi masyarakat sekitar dan taman ini untuk sarana wisata edukasi pertanian khususnya pertanian semi organik.

"Para pelajar bisa mengenal lebih banyak tanaman pertanian semi organik di Hikun Agripark," ungkap Endang.

Baca juga: Audensi dengan Menparekraf, Bupati Tabalong paparkan potensi wisata

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023