Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia atas prestasinya dalam pengembangan desa wisata di Luwasana Hotel & Convention Center Jakarta, Kamis (23/6).

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin kepada enam Kepala Daerah Se- Indonesia dalam upaya pengembangan desa Wisata di daerahnya masing - masing.

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin menekankan keberadaan desa wisata perwujudan dari Community Base Tourism yang inklusif karena dapat memberi dampak pada pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan perekonomian lokal.

"Tahun 2024 tidak ada lagi yang namanya desa tertinggal dan sangat tertinggal", ucap Wapres RI.

Selanjutnya untuk mewujudkan desa mandiri dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari peningkatan Alokasi Dana Desa, pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), penerapan desa digital hingga Pengembangan Desa Wisata.

 Sementara itu Menteri Desa PDTT Republik Indonesia, A. Halim Iskandar mengatakan kemandirian desa di Indonesia merupakan bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) sehingga dibutuhkan optimalisasi potensi Desa seperti Bumdes, Bumdes Bersama dan Desa Wisata.

 Saat ini Taman Menanti Laburan di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong menjadi salah satu destinasi desa wisata nasional.

 "Tahun depan kita akan lebih banyak mengikutsertakan lebih banyak desa wisata di Tabalong", jelas Bupati Tabalong.

Bukan tanpa alasan, ajang lomba ini merupakan sebuah ajang promosi yang makin mempopulerkan objek wisata maupun Desa Wisata Tabalong di pasar yang lebih luas lagi, terlebih keberadaan Ibu Kota Nusantara nantinya yang jaraknya tidak jauh dari Tabalong.

 Taman Menanti Laburan sendiri merupakan kawasan dengan berbagai wahana permainan yang terletak di Desa Padang Panjang yang dibangun sejak tahun 2019 yang operasionalnya melibatkan Bumdes Maju Jaya Desa Padang Panjang.

Kurang lebih beroperasi dua tahun, Taman Menanti Laburan telah terpilih menjadi salah satu Desa Wisata Unggulan di Indonesia, oleh sebab itulah Bupati Tabalong sangat mengapresiasi kerja keras Kepala Desa beserta jajaran dan masyarakat Desa Padang Panjang serta semua stakeholder terkait.

Namun Anang juga menambahkan ada beberapa kekurangan yang harus terus disempurnakan dalam mengembangkan desa wisata baik melalui Dana Desa maupun APBD Kabupaten.

"Saya juga mengajak dunia usaha atau swasta untuk berpartisipasi, agar upaya ini dapat terlaksana", tambah Bupati Tabalong.

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022