Desa Harus Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong mengembangkan sektor wisata lokal melalui dana desa guna menggenjot pendapatan desa maupun masyarakatnya.
 
Salah satunya pembangunan Taman Edukasi Harus yang dilengkapi sarana kolam renang di tengah kebun karet warga yang hijau.
 
"Taman edukasi ini kita bangun dengan dana desa sebesar Rp320 juta dengan harapan bisa menambah pemasukan desa," jelas Kepala Desa Harus Rahmani di Tabalong, Senin.
 
Kehadiran Taman Edukasi ini pun bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan motorik anak disamping sarana bermain, olahraga hingga wisata keluarga.
 
Pengembangan wisata lokal di Desa Harus menurut Camat Muara Harus Aditya Pulanugraha menjadi salah satu prioritas pembangunan desa dalam rangka meningkatkan PAD.
 
"Saat ini dua desa di Kecamatan Harus memiliki sarana wisata lokal, Desa Harus dengan Taman Edukasi dan wisata bajukungan (naik perahu) di Desa Madang," jelas Adit.
 
Taman Edukasi Desa Harus dibuka untuk umum dan kini omsetnya mecapai Rp750 ribu sampai Rp1 juta per bulan.
 
Adit menargetkan Desa Harus bisa berkembang menjadi desa dengan kategori maju melalui berbagai inovasi yang dilakukan aparat desanya.
 
Taman Edukasi Desa Harus diresmikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani hari ini bersamaan kegiatan Musrenbang RKPD 2024 yang diikuti SKPD terkait, tokoh masyarakat, perwakilan DPRS Kabupaten Tabalong dan unsur Muspika setempat.
 
"Desa Harus ini selangkah lebih maju dari desa lainnya dan Taman Edukaai ini satu bukti inovasi desa yang patut kita apresiasi," ungkap Bupati Tabalong.
 
Dalam sambutannya Bupati juga mengusulkan di sekitar Taman Edukasi dibangun kawasan agrowisata dengan menanam aneka jenia durian dan buah lokal lainnya.
 
Jika kawasan agrowisata di Desa Harus berembang akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat desa.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023