Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Ardiansyah mengatakan, Ideologi Pancasila sebagai perekat bangsa.

"Karenanya Ideologi Pancasila sebagai nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia harus terus kita gaungkan dan aktualisasikan agar semua warga masyarakat memahami, yang pada gilirannya mengamalkan," ujar Ardiansyah melalui telepon seluler, Kamis.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel harapkan pemahaman dan penerapan Pancasila jangan memudar

Oleh sebab itu, menurut alumnus Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang berkampus di Banjarbaru tersebut, juga menjadi kewajiban moral bagi anggota DPRD Kalsel "membumikan" nilai-nilai luhur Pancasila.

Pada kesempatan kali ini, Ardiansyah yang juga anggota Komisi III DPRD Kalsel melakukan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Rantau (117 kilometer utara Banjarmasin) ibukota Kabupaten Tapin.

Dalam sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Rantau, 27 Maret lalu itu, mantan Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalsel tersebut memaparkan sejarah Pancasila.

Sedangkan dua narasumber Rafie dan Muhammad Ihsan masing-masing memaparkan tentang Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) serta dasar-dasar Wasbang.

Baca juga: DPRD sosialisasi revitalisasi dan aktualisasi Nilai Pancasila

Sebagaimana maklum Wasbang tersebut mencakup Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dari diskusi yang berkembang dalam sosialisasi tersebut salah satu poinnya, pemerintah mendukung penuh segala bentuk upaya mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional demi terjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dengan moderator Hamsir serta MC Siti Saumul Fitriani mendapat antusias peserta yang berjumlah 100 orang dari berbagai unsur masyarakat.

Baca juga: IMM Kalsel apresiasi sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023