Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kotabaru Kalimantan Selatan, melakukan pengerukan saluran drainase dan gorong gorong di depan jalan pembibitan sebagai upaya menormalisasi fungsi cegah banjir dan luapan air saat hujan.

"Kita upayakan mengembalikan fungsinya drainase dan gorong gorong," kata sekretaris PUPR, Dwi Handoko di Kotabaru minggu.

Menurut dia, buntunya saluran drainase dan gorong gorong tidak sesuai fungsinya di akibatkan tertutup nya material berupa tanah dan lumpur yang mengeras dan material yang lain nya yang menghambat aliran air sehingga saat hujan air tertampung dan meluap ke badan jalan raya.

Ia juga menambahkan,air yang melimpah saat hujan bila tidak segera teralirkan dengan baik dapat menggenang semakin tinggi dan merendam jalan di sekitar lingkungan tersebut. Di sinilah peran drainase sangat krusial.

Selain itu, lanjut koko panggilan akrabnya Handoko,juga mengurangi risiko terjadinya penyakit akibat buruknya sanitasi di daerah tersebut, seperti demam berdarah, malaria, disentri, dan penyakit lain yang disebabkan kurang sehat nya lingkungan tersebut.
Dinas PUPR Kotabaru melakukan Pengerukan saluran drainasi di depan pembibitan menggunakan alat berat beberapa waktu lalu (ANTARA/HO-PUPR Kotabaru)

 
"Dinas PUPR melakukan penggalian dan pembersihan pada gorong-gorong bersama BPBD kotabaru guna mengalirkan air kembali, Sehingga genangan air tidak kembali naik ke badan jalan," katanya

Koko berharap, dengan di normalisasi kan drainase dan gorong gorong mampu membuat aliran semakin baik, dan semoga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di sekitar aliran drainase yang akan membuat saluran buntu kembali.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023