Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat dengan menyiapkan program desa digital.

"Program desa digital ini merupakan transformasi digital pada desa dengan tujuan membantu masyarakat desa, yaitu bisa mendapat pelayanan dokumen kependudukan secara cepat dan mudah," kata Kepala Disdukcapil Balangan Hifziani di Paringin, Selasa.

Hifziani menuturkan, program ini dimulai dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada operator dan pemerintah desa, agar nantinya pemerintahan desa bisa memberikan layanan-layanan secara online.

Dia melanjutkan, seperti halnya tata pemerintahan ataupun sistem informasi yang kini perlu ditingkatkan dengan mulai memanfaatkan TIK, sehingga dapat dilakukan dan dimonitor secara online.

Menurut Hifziani, dengan program desa digital ini pelayanan jadi lebih mudah warga masyarakat yang ingin mengurus atau mencetak dokumen kependudukan tidak perlu lagi ke kantor Disdukcapil, tapi bisa langsung datang ke desa masing-masing.

“Sekarang sudah era digital, sehingga masyarakat bisa akses layanan kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi dan dokumennya bisa dicetak mandiri,” tuturnya.

Hifzi menyebutkan, ini adalah layanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan adanya layanan ini nantinya dapat memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat, semoga masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini dengan baik.

“Dalam hal ini dimulai dari skala desa dulu, yang kemudian dapat berkembang terus dan dapat saling sharing dan membantu dalam mewujudkan pemerintahan desa dengan pelayanan terbaik dan terpadu terhadap masyarakat, dan juga tata kelola pemerintah yang lebih informatif dan transparan,” sebut dia.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023