PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membuka layanan penumpang kapal tujuan Pelabuhan Garongkong Sulawesi Selatan.

"Kalau tidak ada halangan atau perubahan jadwal, rute tersebut akan dilayani oleh KMP Awu-awu pada Kamis 10 Maret 2023," kata Kepala PT ASDP Persero Cabang Batulicin Yefri Hendri, di Batulicin Senin.

Dia menjelaskan, sebenarnya ASDP sejak lama sudah membuka layanan kapal pada rute tersebut, namuN beberapa minggu kemarin sempat di tutup akibat kapal yang biasa melayani penumpang sedang menjalani proses docking atau perbaikan secara berkala.

Perbaikan KM Awu-awu bukan karena ada kerusakan pada mesin atau bagian lain yang dianggap fatal, hanya saja bulan pada Februari 2023 sudah memasuki jadwal perawatan berkala, sehingga kapal itu harus dikirim pada galangan kapal untuk dilakukan pengecekan dan perawatan rutin.

"Insya Allah pada minggu-minggu ini pihak manajemen akan segera membuka layanan pada rute tersebut," ujarnya.

Untuk kelengkapan lainnya pada proses docking, masih menunggu tahap verifikasi dokumen dari Biro Kelasivikasi Indonesia (BKI) dan sertifikat pelayanan minimal dari BPTD.

Kalau hari ini semua dokumen yang dimaksud rampung atau keluar, maka secepatnya kapal segera dikirim ke Pelabuhan Batulicin. Pada 10 Maret kapal dapat beroperasi ke Garongkong.

"Untuk menunjang layanan kapal lebih maksimal, PT ASDP juga meningkatkan fasilitas  dengan menyediakan tempat tidur bagi penumpang kapal sebanyak 60 ranjang bertingkat," kata Yefri.

Dulu, para penumpang kapal hanya mendapatkan fasilitas tempat duduk, kalaupun ada yang mau tidur mereka menggunakan fasilitas seadanya atau tidur di lantai menggunakan tikar. Namun saat ini awak kapal sudah menyediakan tempat tidur bagi penumpang kapal.

"Kondisi saat ini jumlah penumpang dari Batulicin menuju Garongkong relatif normal atau tidak ada lonjakan jumlah penumpang, rata-rata dalam satu kali keberangkatan KM Awu-awu membawa penumpang orang mencapai 150 orang atau 18 unit kendaraan roda empat dan roda enam dengan kapasitas kapal mencapai 200 penumpang orang dan 22 unit kendaraan rodan empat dan enam," jelasnya.

Harga tiket untuk pas orang dewasa Rp143.500, bayi Rp14.550, kendaraan roda empat Rp2.255.600, kendaraan roda enam Rp3.233.500.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023