Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad mewakili Bupati serempat H Achmad Fikry membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-48 tingkat Kabupaten HSS.

Camat Sungai Raya sekaligus Ketua pelaksana, Fathul Mushali, di Sungai Raya, Senin (27/2), mengatakan perhelatan MTQ Nasional ke-48 tingkat kabupaten tersebut berlangsung dari tanggal 27 Februari sampai 2 Maret 2023/

"Diikuti 11 kecamatan yang ada di kabupaten kita, dengan 193 orang peserta putra dan 163 putri orang peserta putri, serta 56 orang official," katanya, di halaman MTQ Kecamatan Sungai Raya.

Baca juga: Wabup lepas pawai ta'aruf kafillah MTQ HSS

Dijelaskan dia, untuk cabang perlombaan pada MTQ Nasional Ke-48 ini terdiri dari sembilan cabang, yaitu seni baca Quran, qiraah Quran, hafalan Quran, tafsir Quran, fahmil Quran, sarhil Quran, seni kaligrafi, karya tulis, dan hadis nabi.

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, dimana setelah tiga tahun lamanya kegiatan MTQ tidak dilaksanakan.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh masyarakat Kecamatan Sungai Raya, agar dapat mendukung sepenuhnya kegiatan MTQ ke-48 tahun 2023 ini.

"Misalnya peran kita dengan turut berhadir menyaksikan, dan memeriahkan gelaran mtq agar semakin menarik, sehingga syiar Islam dapat semakin dirasakan," katanya, yang juga menjabat Ketua LPTQ Kabupaten HSS.

Baca juga: Bupati HSS serahkan dana hibah untuk MUI dan DMI

Dan kepada para peserta dari masing - masing kafilah diharapkan dijadikan sarana untuk saling mengenal dan bertukar ilmu. Meskipun terjadi persaingan, namun hendaknya hal itu tidak menimbulkan rasa permusuhan.

Justru menjadikan kegiatan ini sebagai usaha bersama, dalam rangka mengembangkan syiar Islam sekaligus menumbuhkan kecintaan kepada Al Quran.

Acara pembukaan MTQ tersebut berlangsung meriah dan mendapat sambutan ribuan masyarakat, pembukaan dirangkai dengan pelantikan para dewan hakim oleh Wabup HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023