Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry bersama unsur Forkopimda menyerahkan bantuan sosial secara langsung untuk warga terdampak banjir bandang di Dusun Bukuanin, Desa Mawangi, Kecamatan Padang Batung.

Bantuan ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, untuk warga terdampak banjir bandang yang merusak 21 rumah penduduk di dusun tersebut.

Baca juga: Banjir landa ratusan hektare sawah HSS Kalsel

"Kami sangat prihatin atas kejadian banjir bandang yang terjadi pada hari Sabtu 25 Februari 2023 pukul 02.00 wita kemarin," kata Fikry melalui keterangan tertulis di Kandangan, Minggu.

Fikry menjelaskan pihaknya bersama Forkopimda telah menyerahkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir besar hingga menyebabkan dua unit rumah hilang.

Fikry menuturkan bantuan tersebut diprioritaskan untuk warga yang rumahnya terdampak dan berharap bantuan yang diberikan pemerintah daerah bisa meringankan beban korban dan segera bisa memperbaiki rumah yang terdampak.

“Tentu kita tetap waspada, karena menurut BMKG daerah kita kemungkinan cuaca ekstrim masih panjang beberapa hari ke depan," tutur Fikry.

Menurut dia, kejadian ini menjadi pengalaman yang berharga, apabila ada tanda bencana seperti itu maka warga diimbau segera menyelamatkan diri.

Fikry mengapresiasi unsur TNI-Polri dan para relawan bersama Pemkab HSS menanggulangi dan menangani bencana tersebut.

Baca juga: Kapolres dan Dandim 1003 HSS evakuasi warga terdampak banjir

Pada tahap awal, Fikri menyebutkan desa buka dapur umum dan lainnya dengan memanfaatkan dana desa.

“Setelah tiga hari berjalan, kalau memang masih dalam penanganan bisa didiskusikan dengan BPBD dan Dinas Sosial, apakah kabupaten turun atau cukup dana desa yang mengelola," ungkap Fikry.

Usai banjir surut, seluruh unsur membersihkan fasilitas umum, seperti sekolah, masjid dan lainnya dari kotoran lumpur.

Selain itu, air bersih juga akan disalurkan bagi masyarakat yang disediakan Dinas PUPR pada sejumlah lokasi dan disiapkan alat berat.

Fikry mengimbau masyarakat agar tetap waspada saat terjadi sesuatu, untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

Salah satu warga yang menerima bantuan, Rahman menyampaikan terima kasih Pemkab HSS beserta jajaran karena telah menyalurkan bantuan sosial.

"Kami telah menerima bantuan dana perbaikan rumah dan sembako dan lainnya yang diperlukan," ucap Rahman.

Baca juga: Empat kecamatan di HSS terdampak banjir

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023