Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mengevaluasi kinerja panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kecamatan Satui.

Kepala DPMD Tanah Bumbu Samsir, di Batulicin Rabu mengatakan, hal ini penting dilakukan untuk mengukur kesiapan para panitia pelaksana Pilkades di wilayah tersebut.

"Pilkades tahun ini akan digelar secara serentak pada 18 Maret 2023. Saat ini merupakan tahap akhir pemberkasan dan verifikasi bagi calon kepal desa," kata Samsir tanpa menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti pilkades di kecamatan tersebut.

Dia meminta agar para panitia pilkades dapat melaksanakan tugasnya sesuai aturan, panitia harus netral tidak mendukung salah satu calon,  selalu laksanakan sosialisasi ke masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilihan.

Sesuai jadwal tahapan pilkades, verifikasi bakal calon kepala desa berlangsung hingga 21 Februari 2023. Kemudian, penetapan calon kades peserta pilkades serentak dijadwalkan pada 24 Februari 2023.

Masa kampanye calon kepala desa diberi waktu selama empat hari 10-14 Maret 2023. Masa tenang selama tiga hari 14-17 Maret 2023.

Pada 23 Februari 2023 akan dilanjutkan tes tertuis di kantor BPKSDM, adapun desa yang mengikuti yaitu Desa Sebamban  Baru Kecamatan Sungai Loban, Desa Wirittasi Kecamatan Kusan Hilir dan Desa Karang Sari Kecamatan Kusan Hulu.

Dalam pelaksanaan pilkades, semua panitian harus memperdulikan tahapan berdasarkan regulasi sebagai dasar dan pedoman dalam melaksanakan pilkades.

"Regulasi tersebut harus dipelajari untuk meminimalisir permasalahan terkait pilkades," ujar Samsir.

Sejauh ini tidak ada tanda-tanda yang dapat memicu tindakan kriminal. Pihaknya juga berharap kondisi seperti ini dapat bertahan sejak pelaksanaan hingga pasca pilkades.

Camat Satui Kadri Mandar sangat mengapresiasi acara rapat koordinasi evaluasi kinerja panitia pilkades di wilayahnya.

"Kami bangga terhadap kinerja panitia yang totalitas dalam menjalankan tugasnya. Kami juga akan membantu mensosialisasikan tahapan dan aturan terkait pilkades, semoga di Kecamatan Satui tidak ada masalah dan berjalan lancar selama pelaksanaan pemilihan hingga pelantikan kepala desa terpilih," terang Kadri Mandar.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023