Wakil rakyat Kalimantan Tengah (Kalteng) bicarakan keprotokolan pimpinan dan anggota Dewan provinsi tersebut dengan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Senin.

Selain itu, kegiatan anggota DPRD Kalteng dan Kalsel antara lain mengenai sosialisasi peraturan perundang-undangan/peraturan daerah (Perda) atau Sosper serta Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang kini berubah menjadi sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.

Kedatangan wakil rakyat dari "Bumi Isen Mulang" (pantang mundur) atau "Bumi Tambun Bungai" Kalteng itu saat anggota DPRD Kalsel sedang kunjungan kerja ke luar daerah untuk melaksanakan tugas-tugas kedewanan.

Menerima wakil rakyat dari Bumi Isen Mulang atau Bumi Tambun Bungai Kalteng tersebut Kabag Persidangan Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel M Andri Yuzhar bersama Kabag Tata Usaha Riduansyah atau yang akrab dengan sapaan Duan.

Andri dan Duan dengan panjang lebar menjelaskan aturan terkait keprotokolan pimpinan dan anggota Dewan, serta Sosper dan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.

Keprotokolan pimpinan dan anggota DPRD tersebut antara lain mengenai uang tunjangan perumahan serta uang transportasi dan lainnya.
Suasana pertemuan wakil rakyat Kalteng dengan Kabag Persidangan dan Tata Usaha Sekretariat DPRD Kalsel M Andri Yuzhar serta Riduansyah di Banjarmasin, Senin (20/2/2023). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Sementara Pimpinan Rombongan/Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) DPRD Kalteng Y Freddy Ering menyatakan, wakil rakyat Bumi Isen Mulang atau Bumi Tambun Bungai masih belum melaksanakan Sosper serta sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila sebagaimana halnya DPRD Kalsel.

Ia berharap, Sosper bisa mereka laksanakan mulai tahun ini, karena anggaran untuk kegiatan tersebut sudah tersedia.

Begitu juga kegiatan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila bisa anggota DPRD Kalteng laksanakan seperti Dewan Kalsel.

"Banyak lah yang kami dapat dalam kunjungan kerja ke DPRD Kalsel, walaupun yang menerima cuma pihak Setwan. Semoga kami bisa mencontoh hal-hal yang baik tersebut," demikian Freddy Ering.

Sedangkan Sekretaris DPRD Kalsel Muhammad Jaini menerima unjuk rasa Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia Wilayah Kaltim-Kalsel.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023